• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Kenapa Semut Berhenti Dulu Saat Bertemu Semut Lain?

Tahukah Kamu alasan semut berhenti setiap bertemu semu lainnya? Sebelum mengetahui jawaban tersebut mari kita simak beberapa karakteristik semut Mengutip Bobo.grid.id, berikut.

1) Ovipar

Berdasarkan cara perkembangbiakannya, semut termasuk ke dalam jenis hewan ovipar atau berkembang biak dengan cara bertelur.

Dalam koloninya, semut memiliki ratu yang memiliki peran yaitu bertelur.

Setelah melakukan perkawinan dengan semut jantan, ratu semut akan menggali tanah untuk mempersiapkan sarang untuk bertelur.

Selama waktu tersebut hingga akhirnya bertelur, ratu semut tidak makan selama beberapa minggu.

2) Hidup Berkelompok

Kita akan lebih sering menemukan semut yang berbaris di sekitar rumah daripada semut yang berjalan sendiri.

Sebab, semut merupakan salah satu hewan sosial yang hidup dalam komunitas besar dan membuat sarang raksasa untuk kelompoknya

Semut juga terbiasa mencari makanan sepanjang musim panas untuk dikumpulkan sebagai persediaan makanan koloni.

Menariknya, dalam satu koloni besar semut, yang bertugas bertelur hanyalah sang Ratu.

Sementara semut-semut pekerja bertugas untuk menjaga dan merawat ratu yang masih muda, mencari makan, serta membuang kotoran.

Ratu semut dapat hidup hingga 30 tahun, sedangkan semut pekerja dapat hidup sampai sekitar satu tahun.

3) Bisa Membantu Penyerbukan

Semut juga bisa membantu penyerbukan pada tanaman. Cara yang dilakukan semut yaitu mentransfer serbuk sari ketika bergerak dari satu tanaman ke tanaman lainnya.

Selain itu, semut juga membantu proses penyerapan. Karena ia menggali terowongan di bawah tanaman sehingga udara dan air lebih mudah terserap oleh akar.

4) Mudah Ditemukan

Semut akan mendatangi sumber makanan dan gula di manapun tempatnya. Namun semut tidak ditemukan di Antartika, Greenland, dan Islandia. Alasannya, ketiga tempat tersebut mempunyai suhu dingin dan kondisi alam yang tidak cocok untuk tubuh semut.

Alasan Semut Berhenti Setiap Bertemu Semut Lainnya

Jika diperhatian, seekor semut selalu berhenti sejenak saat bertemu dengan semut lainnya sebelum melanjutkan perjalanan. Kenapa demikian?

Ada sejumlah hipotesis yang mencoba menjelaskan perilaku semut tersebut. Salah satunya, berkaitan dengan anthood atau rasa persaudaraan sesama semut.

Mengutip Kompas TV.com, semut terbiasa berkembang biak dan menghabiskan seluruh hidupnya dalam jarak dekat dengan teman sarangnya. Satu sarang biasanya dapat menampung ribuan ekor semut.

Selain itu, sebagian besar semut tak dapat melihat dan harus menghabiskan seluruh hidupnya dalam kegelapan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi semut untuk dapat mengidentifikasi dan bekerja sama dengan semut lain dari koloni mereka.

Untuk mengidentifikasi semut yang ditemui termasu koloni yang sama, semut disebut saling mencium bau secara menyeluruh ketika berpapasan.

Semut mampu mengidentifikasi penyusup berkat sistem penciumannya yang mampu membedakan antara bau teman satu koloni dan di luarnya.

Jadi, dalam kasus pertemuan dua semut dari koloni berbeda, semut yang tidak memiliki anggota koloni yang sama akan mundur dan melarikan diri.

Selain itu, ada pula yang menyebutkan bahwa semut berhenti ketika berpapasan dengan koloni mereka, diduga karena berbagi makanan.

Untuk diketahui, pada serangga seperti semut, tawon, rayap, dan lain sebagainya, proses berbagi atau mentransfer makanan dari satu anggota ke anggota lain dalam komunitas yang sama sering terjadi.

Perilaku itu biasa disebut dengan trophyllaxis. Proses berbagai makanan itu bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau dari anus ke mulut.

Saat semut lapar, ia akan menusukkan antena di mulutnya ke semut lain. Pada proses ini, semut-semut akan berbagi makanan dari mulut ke mulut.

Itulah alasan mengapa semut selalu berhenti ketika berpapasan dengan semut lain.

(*) Copyright Grid.ID 2023

Carilah makna kata berikut dalam KBBI!

  1. Mengidentifikasi
  2. Hipotesis
  3. Koloni
  4. Komunitas
  5. Berpapasan
  6. Mengutip

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Menanam Padi Dengan Sistem Terasering

Beras menjadi makanan pokok lebih dari separuh penduduk Bumi. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), pada merupakan tanaman paling berharga kedua dan terbesar ketiga di dunia.

26/09/2024 18:51 - Oleh Admin - Dilihat 7 kali
Fakta Unik Pelangi

Pelangi adalah fenomena alam yang sangat indah, bukan? Pelangi terjadi ketika sinar matahari dibiaskan, dipantulkan, dan disebarkan melalui tetesan air di atmosfer, sehingga menciptak

14/09/2024 07:49 - Oleh Admin - Dilihat 173 kali
Burung Hantu Tutul

Anda pikir bisa memenangkan kontes saling menatap dengan salah satu burung ini? Begitulah perumpamaan begitu tajamnya tatapan burung ini, sehingga sampai dinamakan burung hantu, kesan

09/08/2024 07:35 - Oleh Admin - Dilihat 311 kali
Vitamin dan Mineral

Tubuh juga memerlukan vitamin agar tetap sehat. Vitamin adalah senyawa yang membantu zat gizi lain dalam tubuh baik karbohidrat, protein, maupun lemak agar termanfaatkan dengan baik o

04/08/2024 14:57 - Oleh Admin - Dilihat 197 kali
Jenis-Jenis Memori

Meskipun ada perdebatan di antara para peneliti tentang cara mengkategorikan memori, konsensusnya adalah ada empat jenis, sebagai berikut: Sensorik (Sensory): Memori sensorik memungk

26/07/2024 20:07 - Oleh Admin - Dilihat 108 kali
Kupu-kupu di Padang Rumput

Musim bunga sudah dekat, dan aroma bunga pertama mulai melayang di udara. Kupu-kupu mulai bersiap menghadapi cuaca hangat yang akan datang. Mereka siap beterbangan dari satu bunga ke bu

01/03/2024 20:27 - Oleh Admin - Dilihat 929 kali
Ada Apa dengan Tanggal 29 Februari

Tanggal 29 Februari 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal tersebut juga menjadi penutup bulan Februari 2024 pada penanggalan Masehi. Tahun 2024 termasuk tahun kabisat.  Setiap emp

29/02/2024 08:14 - Oleh Admin - Dilihat 405 kali
Perubahan pada Benda yang Disebabkan Suhu

Suhu dingin ataupun panas dapat mempengaruhi perubahan pada benda. a. Suhu dingin Mengapa daging, sayuran, dan buah-buahan biasanya disimpan di lemari es? Dalam keadaan suhu renda

21/02/2024 21:36 - Oleh Admin - Dilihat 593 kali
Perubahan Wujud Benda

A. Pengertian Perubahan Wujud Benda Pernahkah kamu mengamati es batu yang dijemur perlahan-lahan? Perlahan, es batu itu akan berubah menjadi air, bukan? Nah, itulah salah satu contoh

15/02/2024 20:28 - Oleh Admin - Dilihat 1465 kali
Mengidentifikasi Benda Isolator dan Konduktor

Perhatikan dan sebutkan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda-benda tersebut tentu ada yang merupakan isolator dan konduktor. Dapatkah kamu mengelompokannya?   Dari sekian ban

12/02/2024 16:08 - Oleh Admin - Dilihat 5199 kali