• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Pengertian Pembiasan Cahaya dan Contohnya

Pembiasan adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya yang bisa terjadi ketika cahaya yang melewati suatu bidang batas antara dua medium yang berbeda. 

Sifat-sifat Cahaya

Suatu cahaya juga memiliki sifat berdasarkan arah rambatnya. Beberapa sifat yang dimiliki oleh cahaya bisa kalian baca selengkapnya di bawah ini.

1. Cahaya Merambat Menurut Garis Lurus

Matahari merupakan sumber cahaya terbesar yang ada di bumi. Yang mana matahari memiliki pancaran sinar lurus. Karena adanya rambatan cahaya dari matahari ke bumi bisa mengakibatkan peristiwa siang dan malam.

2. Cahaya Dapat Merambat Menembus Benda Bening

Benda yang memiliki sifat bening atau transparan bisa ditembus oleh cahaya. Benda yang memiliki partikel tak berwarna atau transparan dapat dirambati oleh cahaya dengan lebih mudah. Hal ini terjadi karena benda bening atau transparan bisa dengan mudah melakukan meneruskan cahaya yang datang.

Contohnya adalah peristiwa cahaya menembus kaca bening jendela. Di mana kaca jendela tersebut tidak bisa menghalangi datangnya cahaya matahari dan bisa langsung masuk ke dalam rumah. Bahkan kita bisa melihat ke area luar jendela kaca karena pada dasarnya cahaya masih bisa merambat masuk ke luar kaca bening dan dapat tertangkap oleh mata kita.

3. Cahaya Dapat Dipantulkan

Cahaya dapat dipantulkan dengan cara pemantulan atau terpancarnya kembali cahaya dari bagian permukaan benda yang sebelumnya terkena cahaya. Sifat pemantulan yang dimiliki oleh cahaya ini bisa dibagi menjadi dua yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur atau difus.

Pada proses pemantulan teratur, berkas cahaya akan melakukan pemantulan secara sejajar. Hal ini seperti ketika kalian bermain pada siang hari dengan membawa cermin yang digunakan untuk memantulkan cahaya. Saat kalian mengarahkan cermin ke arah datangnya cahaya. Maka cahaya bisa dipantulkan ke segala arah dari cahaya yang dipantulkan.

Sedangkan untuk pemantulan baur atau difus merupakan suatu peristiwa pemantulan cahaya yang terjadi pada permukaan yang tidak rata. Sebagai contohnya adalah pemantulan cahaya pada air, batu, pohon, aspal dan sepatu. Cermin juga memiliki sifat refleksi cahaya akan dibagi menjadi beberapa jenis yaitu cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.

4. Cahaya Dapat Dibelokkan

Cahaya dapat dibiaskan ketika cahaya mengalami pergerakan miring melalui medium yang berbeda kondisi kepadatannya. Contohnya adalah cahaya dari udara kemudian akan melewati air. Karena hal tersebutlah cahaya akan mengalami pembiasan dan pembelokan dalam medium tersebut.

Sifat cahaya yang bisa dibiaskan atau dibelokkan juga banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam alat optik. Contohnya adalah ketika kalian melihat kolam tampak dangkal karena memiliki air yang jernih, padahal kolam tersebut bisa saja memiliki kedalaman yang lebih dalam daripada yang kalian lihat di atas permukaan.

Penerapan Pembiasan Cahaya dalam Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa peristiwa pembiasan cahaya. Apa saja penerapan pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya akan hal tersebut.

1. Pensil atau Sedotan yang Terlihat Patah

Mungkin kalian pernah melakukan eksperimen secara pribadi menggunakan bahan pensil atau sedotan dan air. Dimana ketika pensil atau sedotan dimasukkan ke dalam air yang ada di sebuah gelas akan tampak seperti patah. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh adanya perbedaan medium yang dilalui oleh cahaya.

2. Air Laut Terlihat Dangkal

Jika kalian pernah ke pantai, mungkin kalian juga pernah melihat air laut yang begitu dangkal dan ingin berenang di dalamnya. Padahal air laut tersebut tidaklah dangkal.

Air laut yang bisa terlihat dangkal tersebut tak lain karena adanya cahaya yang melewati dua medium yang berbeda yaitu dari udara ke air. Prinsip yang digunakan hampir sama dengan eksperimen pensil yang seolah terlihat patah ketika dimasukkan ke dalam air.

3. Pembiasan Pada Lensa

Lensa memang memiliki banyak manfaat pada kehidupan ini. Misalnya adalah lensa dapat digunakan pada kacamata, teropong, lup dan juga mikroskop.

Sumber: https://www.gramedia.com

Photo: istockphoto

 

LATIHAN

  1. Pelangi merupakan peristiwa pembiasan cahaya matahari oleh droplet air ... 
  2.  Gambar di samping merupakan contoh cahaya dapat ...
  3.  Gambar di samping membuktikan cahaya dapat...
  4.  Gambar di samping merupakan contoh cahaya dapat ...
  5. Berada di depan cermin merupakan contoh cahaya dapat...

Salam

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kupu-kupu di Padang Rumput

Musim bunga sudah dekat, dan aroma bunga pertama mulai melayang di udara. Kupu-kupu mulai bersiap menghadapi cuaca hangat yang akan datang. Mereka siap beterbangan dari satu bunga ke bu

01/03/2024 20:27 - Oleh Admin - Dilihat 336 kali
Ada Apa dengan Tanggal 29 Februari

Tanggal 29 Februari 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal tersebut juga menjadi penutup bulan Februari 2024 pada penanggalan Masehi. Tahun 2024 termasuk tahun kabisat.  Setiap emp

29/02/2024 08:14 - Oleh Admin - Dilihat 252 kali
Perubahan pada Benda yang Disebabkan Suhu

Suhu dingin ataupun panas dapat mempengaruhi perubahan pada benda. a. Suhu dingin Mengapa daging, sayuran, dan buah-buahan biasanya disimpan di lemari es? Dalam keadaan suhu renda

21/02/2024 21:36 - Oleh Admin - Dilihat 321 kali
Perubahan Wujud Benda

A. Pengertian Perubahan Wujud Benda Pernahkah kamu mengamati es batu yang dijemur perlahan-lahan? Perlahan, es batu itu akan berubah menjadi air, bukan? Nah, itulah salah satu contoh

15/02/2024 20:28 - Oleh Admin - Dilihat 560 kali
Mengidentifikasi Benda Isolator dan Konduktor

Perhatikan dan sebutkan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda-benda tersebut tentu ada yang merupakan isolator dan konduktor. Dapatkah kamu mengelompokannya?   Dari sekian ban

12/02/2024 16:08 - Oleh Admin - Dilihat 3323 kali
Tupai

Pernahkah Sobat terpikat oleh seekor tupai yang melintasi jalan atau berlarian di dahan pohon? Jika ya, Sobat tidak sendirian! Tupai salah satu hewan yang menawan, dengan bulu berwarn

21/01/2024 17:12 - Oleh Admin - Dilihat 476 kali
Serigala Eurasia

Tidak banyak hal yang bisa mengalahkan tidur siang di musim dingin yang nyaman. Serigala Eurasia setuju akan pendapat ini, karena mereka telah ikut terbuai oleh lingkungan yang tenang d

18/01/2024 12:12 - Oleh Admin - Dilihat 369 kali
Kutu Busuk

Kutu busuk, atau disebut kepinding, tumbila, maupun tinggi; adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dengan cara

21/12/2023 09:38 - Oleh Admin - Dilihat 668 kali
Fungsi Organ Pernapasan Tenggorokan

Organ pernapasan tenggorokan memiliki beberapa fungsi penting dalam sistem pernapasan manusia. Tenggorokan atau trakea, adalah tabung yang menghubungkan tenggorokan (laring) dengan bron

29/11/2023 08:03 - Oleh Admin - Dilihat 1386 kali
Lingkaran Kehidupan Dimulai Lagi

Dari akhir Januari hingga awal Maret, bayi-bayi rusa kutub tiba di Serengeti, sebuah Taman Nasional di Tanzania, Benua Hitam, Afrika. Pada puncak musim melahirkan, ribuan rusa kutub d

13/11/2023 18:49 - Oleh Admin - Dilihat 622 kali