• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

5 Cara Guru Baru Mempersiapkan Mental Mengajar di Tempat Baru

Batam. Jika Anda seorang guru baru, inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara berpikir yang benar. Baik itu saat di kelas sekolah, masyarakat sekitar sekolah, di tahun pelajaran baru, pada lingkungan baru.

Secara umum, program pendidikan guru mempersiapkan guru baru untuk mengembangkan dan memanfaatkan strategi pedagogik yang efektif untuk mendukung keberhasilan siswa, serta mampu menilai pembelajaran dengan tujuan perbaikan secara berkelanjutan bagi kemajuan prestasi siswa.

Meskipun keterampilan tersebut merupakan inti yang diperlukan bagi guru untuk menjadi praktisi yang efektif, ternyata.. terdapat faktor-faktor lain, khususnya bagi guru baru, yang harus dipersiapkan.

Yang paling mendasar adalah guru baru harus siap secara mental dan punya kapasitas untuk menangani tugas besar atau “segala hal” (kadang di luar jam kerja) yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian. Bahkan kini harus siap dengan berbagai macam tuntutan administratif pelaporan, baik diminta oleh pejabat dan aplikasi daerah, maupun pejabat dan aplikasi kementerian terkait guru atau kepegawaian.

Untuk itu, berikut beberapa cara agar guru baru dapat mempersiapkan mentalnya dalam mengajar di sekolah baru serta menghadapi beban berbagai tugas administratif baik saat jam kerja maupun di luar jam kerja.

1. Prioritaskan dan jaga kesehatan diri sendiri sebelum mendidik atau saat berada di tempat tugas baru

Saat perjalanan naik pesawat apa pun, Anda diingatkan untuk memasang masker oksigen Anda sendiri dahulu, sebelum mencoba membantu anak-anak dan penumpang lain. Hal yang sama juga berlaku untuk dunia pengajaran, masker oksigen berganti fokus menjadi bagaimana menjaga kesehatan mental, kesehatan fisik, dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan mental dan kesehatan tubuh diri sendiri diutamakan terlebih dahulu sebelum mendidik dan mengajar anak-anak bangsa, apalagi sampai ditugaskan mengajar ke daerah, kampung, atau pulau terpencil. Ini dimaksudkan, ketika nanti melewati hari-hari melelahkan dan penuh tekanan, Anda akan tahu bahwa Anda sudah menyiapkan strategi untuk membantu mengatasinya dan betul-betul siap secara mental untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri di lingkungan sekolah, siswa, dan masyarakat di tempat tugas baru.

2. Hindari mengambil terlalu banyak tugas dan terlalu cepat

Setelah beberapa tahun kuliah keguruan, lalu Anda ikut pelatihan sertifikasi pra-jabatan untuk menjadi seorang guru, kemudian lulus penerimaan guru ASN. Itu sungguh menyenangkan. Apalagi gaji pertama sudah diterima, harus segera siap terjun langsung dan mencoba semua kegiatan pembelajaran dan perangkat teknologi yang telah Anda pelajari dalam program persiapan menjadi seorang guru yang bersertifikat profesi.

Namun ingat, selain daftar keinginan dan semangat Anda, setiap sekolah punya budaya sendiri dan setiap kabupaten/kota tempat kita bernaung memiliki prioritas kinerja dan kebijakan lain yang harus Anda patuhi, baik secar bulanan maupun target kinerja tahunan.

Daripada mengerjakan terlalu banyak hal dan serba mau cepat selesai, lebih baik pilih item-item instruksional dan satu alat teknologi yang ingin Anda masukkan dalam pengajaran Anda, dan kuasai dengan baik. Dengan cara ini, Anda tidak perlu stres karena harus menyelesaikan banyak tugas sekaligus dan mencoba terlalu banyak strategi atau metode pengajaran di awal perjalanan pertama mengajar Anda.

3. Buatlah rencana cadangan

Adakalanya rencana terbaik sekalipun tidak selalu membuahkan hasil. Dalam dunia pendidikan, ada begitu banyak elemen kehidupan yang masuk ke dalam kelas. Baik itu diciptakan siswa maupun oleh guru, begitu pula pengaruh lingkungan siswa. Untuk itulah perlunya merencanakan pembelajaran yang terencana dengan baik.

Saat merencanakan pembelajaran dan mengembangkan kegiatan itu untuk setiap hari, adakalanya tidak selalu berjalan sesuai yang diharapkan. Karena itu, buatlah rencana cadangan dan bersiaplah untuk beralih ke opsi B atau C dalam pembelajaran.

4. Tetap terhubung/kerja sama dengan teman sejawat

Mengawali masa orientasi sebagai guru baru di instansi baru, perlu segera menjalin koneksi dengan guru lain, baik dengan guru senior maupun dengan guru pemula lainnya.

Begitu juga menjalin hubungan  dengan anggota staf kantor, tenaga administrasi, satpam, atau penjaga sekolah yang mungkin memiliki pengetahuan tentang interworking sekolah. Temukan waktu untuk berbagi apa yang berjalan baik di hari-hari pertama Anda mengajar dan bidang-bidang yang Anda perlukan dukungan dari staff maupun kepala sekolah.

Dengan berjejaring dan berkomunikasi dengan kolega di sekolah baru, Anda tidak akan merasa sendirian dan dapat menikmati kebersamaan dengan individu lain yang memiliki pengalaman yang sama.

Di luar sekolah, cobalah untuk terhubung dengan orang lain atau masyarakat sekitar, baik itu wali siswa sampai tokoh masyarakat. Hal ini dapat pula dilakukan dengan bergabung dengan komunitas di ruang media sosial, konferensi/undangan, pelatihan, serta kegiatan lainnya yang mendukung keguruan.

5. Memanfaatkan Kesehatan dan Kebugaran Mental untuk investasi

Temukan semua sumber daya yang tersedia untuk investasi masa depan. Hari-hari libur sekolah dapat dimanfaatkan misalnya untuk berkebun. Sebutlah misalnya merencanakan kebun durian, kelapa sawit, atau tanaman keras lainnya yang hasilnya dapat kita petik hingga 25 tahun ke depan. Atau sesuaikan apa yang cocok di mana Anda bertugas. Investasi seperti ini perlu segera dilakukan di tempat di mana Anada bertugas, karena ada sebagian ASN yang di masa purna tugasnya tidak mendapatkan pensiunan bulanan.

Ini hanyalah lima dari sekian banyak cara mempersiapkan mental untuk mengajar sebagai guru baru, di tempat baru, dengan ASN model kontrak baru. Jika salah satu atau beberapa di natar lima itu menarik minat Anda, cobalah dan lihat mana yang cocok untuk Anda. Salam Penulis Agh

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Agar Lebih Pintar

Setiap orang memang terlahir dengan tingkat kecerdasan berbeda-beda.Namun tahukah kamu kalau kecerdasan juga bisa ditingkatkan melalui kebiasaan sederhana. Ada beberapa aktivitas ata

28/06/2024 06:51 - Oleh Admin - Dilihat 45 kali
Generasi Strawberry

Istilah Generasi strawberry berasal dari Taiwan, di mana buah stroberi dianggap sebagai simbol kelemahan fisik dan emosional.  Generasi strawberry adalah istilah yang digunakan un

30/10/2023 20:56 - Oleh Admin - Dilihat 296 kali
10 Tips Semangat Belajar, Cocok bagi Siswa SD

Tugas dan tanggung jawab siswa adalah rajin belajar. Meski demikian, siswa butuh tips semangat belajar. Sebab, dalam melaksanakan belajar tidak bisa dipungkiri terkadang kita merasa bo

23/10/2023 12:16 - Oleh Admin - Dilihat 3382 kali
Dua Kegiatan yang Bisa Membuat Seorang Anak Menjadi Cerdas

Memiliki kecerdasan rata-rata hingga tinggi akan sangat membantu seorang anak sukses dalam hidup. Secara umum, kecerdasan anak dipengaruhi oleh dua faktor, yakni genetik dan lingkunga

06/09/2023 07:12 - Oleh Admin - Dilihat 446 kali
Benarkah Orang-orang Sukses Rajin membaca Buku?

Seperti Bill Gates, Warren Buffett, Mark Cuban dan banyak orang sukses lainnya, Elon Musk berpikir bahwa membaca adalah bagian dari fondasi kesuksesan. "Saya akan mendorong orang untuk

02/09/2023 08:47 - Oleh Admin - Dilihat 422 kali
Modal Hidup Manusia

Sobat 006, ternyata modal hidup manusia hanya 3 saja. Semua diberikan Tuhan dengan sempurna. Apakah modal yang 3 itu? Yaitu: Akal, Jiwa, dan Tubuh. Tubuh Modal tubuh harus kita jaga.

08/08/2023 10:18 - Oleh Admin - Dilihat 546 kali
Benarkah Minat Membaca Sekarang Meredup dan Menurun?

Benarkah minat baca sekarang menurun? Apalagi dengan banyak toko buku yang tutup, seperti baru-baru ini toko buku Gunung Agung tutup setelah beroperasi sejak 70 tahun yang lalu (1953).&

26/05/2023 17:28 - Oleh Admin - Dilihat 331 kali
Penyebab anak tidak kuat mental

Dalam situasi-situasi tertentu, lingkungan terdekat bisa menjadi salah satu faktor penyebab anak tidak kuat mental. Anak jadi mudah cemas, panik, dan bahkan menangis.  Menurut stu

13/03/2023 19:40 - Oleh Admin - Dilihat 440 kali
Apa Yang Akan Mewarnai Dirimu?

Hai, sobat 006 berikut adalah penjelasan tentang apa saja yang turut “memberi warna” pada konsep diri kita ke depannya akan seperti apa. Simak yuk! Semakin banyak ilmu

27/02/2023 18:29 - Oleh Admin - Dilihat 450 kali
Mengenal OSIS (Untuk siswa kelas 6 yang akan meninggalkan pendidikan dasar)

Di SMP nanti sobat yang kelas 6 saat ini, saat sudah duduk di SMP nanti akan mengenal yang namanya OSIS.  OSIS adalah kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Satu-satunya

14/02/2023 13:33 - Oleh Admin - Dilihat 3574 kali