• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Kisah Keluarga Nabi Muhammad yang Tidak Masuk Islam sampai Wafat

Nabi Muhammad SAW dibesarkan dalam keluarga yang selalu mendukungnya berdakwah menyebarkan agama Islam. Salah satu keluarga yang sangat mendukungnya adalah sang paman, Abu Thalib.

Ia sering kali menggagalkan upaya kaum kafir Quraisy menyakiti Nabi, Bunda. Ia juga selalu berdiri di garda terdepan untuk melindungi Rasulullah SAW.

Tapi meski selalu pasang badan, Abu Thalib adalah keluarga Nabi yang tidak masuk Islam sampai akhir hayatnya. Tahun kematiannya disebut juga 'amul huzn, yakni tahun duka cita di mana Rasulullah SAW dirundung kesedihan karena wafatnya sang paman dan sang istri pertama Khadijah.

Nabi Muhammad SAW dibesarkan oleh Abu Thalib

Nabi Muhammad SAW lahir di kota Makkah pada hari Senin 12 Rabi'ul Awwal. Sebelum kelahirannya, Nabi Muhammad telah kehilangan sang ayah Abdullah bin Abdul Muthalib yang meninggal karena sakit.

Saat berusia 6 tahun, Nabi kembali merasakan kesedihan karena ibunya Aminah binti Wahb jatuh sakit dan meninggal dunia. Sejak saat itu, Nabi pun menjadi yatim piatu dan diasuh oleh sang kakek Abdul Muthalib. Kakek Nabi merupakan seorang yang terkemuka di kota Makkah, Bunda.

Nabi diasuh oleh kakeknya selama dua tahun karena sang kakek wafat. Maka atas wasiat sang kakek, Nabi pun diasuh oleh pamannya yakni Abu Thalib.

Dilansir buku Kisah Nabi Muhammad SAW karya Ajen Dianawati, paman Nabi ini memiliki banyak anak dan kehidupannya sangat miskin. Ia bekerja sebagai pedagang untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari. Tapi meski begitu, ia sangat sayang dengan Nabi Muhammad SAW.

Abu Thalib merupakan orang yang berjasa dalam perjalanan Nabi berdagang. Ia menasihati Nabi untuk bergabung dengan kafilah dagang milik Khadijah, yang kemudian dipersunting Nabi menjadi istrinya.

Abu Thalib selalu melindungi Nabi Muhammad SAW

Dalam buku Agungnya Taman Cinta Sang Rasul karya Ustadzah Azizah Hefni dijelaskan bahwa Abu Thalib adalah orang yang sangat disegani dan terpandang di kalangan kaum Quraisy. Ia memiliki kebijaksanaan yang tinggi.

Walaupun tidak masuk Islam, kasih sayangnya kepada Rasulullah SAW membuatnya selalu berdiri membela keponakannya itu dari kezaliman kaum kafir Quraisy, Bunda. Pernah suatu ketika, Rasulullah SAW datang menemuinya dalam keadaan sedih. Abu Thalib cemas melihat kesedihan di wajah keponakannya.

Saat itu, Abu Thalib bertanya alasan keponakannya bersedih. Rasulullah SAW lalu berkata bahwa beliau telah dilempari kotoran dan darah saat sedang bersujud di Ka'bah. Mendengar itu, Abu Thalib naik pitam. Ia segera bangkit dengan memegang sebilah pedang di tangan kanannya, sementara di tangan kirinya menggandeng Rasulullah SAW.

Abu Thalib mengajak Rasulullah SAW ke Ka'bah. Di sana mereka mendekati gerombolan kaum kafir Quraisy dan berkata:

"Demi Dzat yang diimani Muhammad! Jika ada di antara kalian yang menyegerakan berdiri, au akan menyegerakan kematian kalian dengan pedangku!" katanya.

Kemudian, Abu Thalib mengusap semua kotoran dan darah yang masih menempel di tubuh Rasulullah SAW, dan melemparkan ke muka mereka. Sikap Abu Thalib tersebut memicu dendam di benak para kafir Quraisy.

Abu Thalib tak masuk Islam tapi menghargai agama Rasulullah SAW

Abu Thalib menjadi salah satu anggota keluarga Nabi yang tidak memeluk Islam sampai akhir hayatnya. Padahal, anaknya Ali bin Abi Thalib termasuk orang pertama yang masuk Islam, Bunda.

Saat Ali bin Abi Thalib masuk Islam, ia sempat mengalami masa-masa khawatir dan takut atas kesilaman yang telah dilakukannya akan membuat sang ayah marah. Dikutip dari buku Biografi Ali bin Abi Thalib karya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi, Ali bin Abi Thalib pun berusaha menyembunyikan kesilamannya dan tak berani menampakannya.

Hingga suatu kali, Abu Thalib melihat putranya itu beribadah di belakang Rasulullah SAW. Seusai beribadah, Abu Thalib lalu bertanya, "Hai anak laki-laki saudaraku! Agama apakah itu yang aku lihat engkau mengikutinya?"

Dengan lembut dan ramah, Rasulullah SAW menjawab, "Pamanku, ini adalah agama Allah, agama malaikat-Nya, agama para Rasul-nya, dan agama bapak kami, Ibrahim. Allah menetapkan aku sebagai utusan dengan membawa agama ini kepada segenap hamba-Nya. Dan engkau pamanku, adalah orang lebih berhak aku beri nasihat untuk mengikutinya dan aku menyerukannya kepada petunjuk itu, dan orang yang lebih berhak melaksanakan seruanku ini kepadanya dan membantu aku dalam menyampaikan seruanku."

Mendengar itu, Abu Thalib lalu menjawab, "Hai anak saudaraku! Sesungguhnya aku tidak sanggup berpisah dari agama para orang tuaku yang dahulu dan apa-apa yang telah dilakukan mereka. Sungguh pun demikian, demi Allah, tidak ada sesuatu pun yang engkau benci yang dapat disampaikan kepadaku selama aku masih ada." 

Lalu, Ali bin Abi Thalib berkata, "Ayah, aku telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Aku mempercayai dan membenarkan agama yang telah dibawa olehnya. Dan aku bertekad untuk mengikuti jejaknya."

Mendengar penuturan anaknya, Abu Thalib lantas berkata, "Sudah pasti ia mengajakmu ke arah kebajikan. Oleh karena itu, tetaplah kau bersamanya."

Sejarah mencatat kegigihan Abu Thalib dalam membela Islam. Abu Thalib adalah paman Rasulullah SAW yang selalu membela dan melindungi beliau. Walaupun ia tak pernah menyatakan atau mengumumkan keislamannya, tetapi ia tetap menganggap ajaran-ajaran Rasulullah SAW adalah ajaran yang benar, Bunda.

"Namun, sekalipun begitu, Abu Thalib masih belum menyatakan keislamannya secara verbal, bahkan sampai akhir hayatnya. Namun, selama Rasulullah SAW berdakwah, Abu Thalib selalu sejalan dengan beliau. Ia bahkan senang dengan ajaran-ajaran Islam yang dibawa keponakannya. Ia juga telah mengorbankan begitu banyak hal berharga dari dirinya untuk memuluskan jalan dakwa Rasulullah SAW," tulis Ustadzah Azizah Hefni dalam bukunya.

Demikian kisah paman Nabi Muhammad SAW, Abu Thalib yang tidak masuk Islam sampai wafat. Semoga kisah ini bisa menjadi inspirasi yang positif bagi Bunda dan keluarga.

Sumber: https://www.msn.com

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Idul Adha: Mengapa ada hewan kurban dalam Islam, Kristen, Yudaisme, dan Hindu?

Seluruh umat Islam di dunia akan merayakan Idul Adha. Hari raya yang jatuh pada Senin (17/06) di Indonesia itu dirayakan untuk memperingati ketaatan Nabi Ibrahim mengorbankan putranya,

16/06/2024 18:56 - Oleh Admin - Dilihat 59 kali
“Ilmu Padi” dalam Pandangan Islam

Saat ini, dunia media sosial, terutama Instagram dan X, tengah dihebohkan dengan istilah baru, yakni ‘Ilmu Padi’. Secara harfiah, frasa ini mengandung makna untuk tetap mere

23/03/2024 08:52 - Oleh Admin - Dilihat 200 kali
20 Dalil Tentang Menuntut Ilmu, Pahalanya Seperti Orang yang Haji Sempurna

BATAM - Menuntut ilmu dalam Islam merupakan sebuah kewajiban yang patut dilakukan oleh setiap muslim laki-laki dan perempuan sejak lahir. Kewajiban dan pentingnya menuntut ilmu dijelask

06/10/2023 07:56 - Oleh Admin - Dilihat 207841 kali
Tujuh Amalan yang Tidak Terputus Pahalanya

Tujuh Amalan yang tidak terputus pahalanya, meski orangnya telah meninggal, namun ada amalan tertentu yang membuat pahalanya terus mengalir. Orang yang membangun mesjid, Orang yang

25/05/2023 10:39 - Oleh Admin - Dilihat 709 kali
Puasa Sehat Tanpa Lemas

Bagaimana sejak hari pertama puasamu hingga hari ini? Apakah badan sobat terasa lemas?Sobat 006, dengan meminum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa, melakukan aktivitas fi

28/03/2023 19:08 - Oleh Admin - Dilihat 400 kali
Doa Sebelum Ujian

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rangkaian doa sebelum ujian sampai dengan selesai mengerjakan soal-soal ulangan yang bisa diamalkan.1. Doa Sebelum Melaksanakan UjianDi bawah ini

28/03/2023 18:31 - Oleh Admin - Dilihat 21038 kali
Mengapa Ribuan Penyihir Firaun yang Melawan Nabi Musa Masuk Surga?

Dai dan ulama asal Mesir, Syekh Ahmad al-Sabbagh mengatakan, para penyihir Firaun memiliki sihir tingkat tinggi. Namun, mereka pada akhirnya percaya kepada Tuhan ketika ular Nabi Musa A

06/03/2023 10:05 - Oleh Admin - Dilihat 2217 kali
8 Nabi Terdahulu yang Ditemui Rasulullah SAW Ketika Isra Miraj

Dalam perjalanan hidupnya Rasulullah SAW mendapatkan keistimewaan yang khusus dari Allah SWT untuknya. Hal khusus terhebat itu adalah Isra Miraj. Dalam literatur hadis yang masyhur, Isr

22/02/2023 06:47 - Oleh Admin - Dilihat 47230 kali
Mukjizat yang Luar Biasa Nabi Muhammad dari Allah

Allah memberikan kemampuan yang begitu luar biasa dan sama halnya seperti Nabi Musa, Isa dan Sulaiman. Mukjizat akan mendukung kebenaran kenabian untuk para Nabi dan Rasul-Nya. Maksud l

09/10/2022 08:09 - Oleh Admin - Dilihat 92025 kali