• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Penemu yang Mengubah Dunia

Michael Faraday

Michael Faraday

Michael Faraday (lahir di Newington Butts, Inggris22 September 1791 – meninggal di Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris25 Agustus 1867 pada umur 75 tahun) ialah ilmuwan Inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruhlaboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis.

Efek magnetisme menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet. Ia banyak memberi ceramah untuk memopulerkan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teori dan menganalisis hasilnya amat mengagumkan.

James Naismith

James Naismith

James Naismith (lahir di Almonte, Canada West (kini bagian dari Ontario), 6 November 1861 – meninggal di Lawrence28 November 1939 pada umur 78 tahun) adalah penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football.

Saat bekerja sebagai guru pendidikan jasmani di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts pada tahun 1891, ia diajak untuk mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasikan sebuah permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui pass (lemparan).

Pada Agustus 1936, saat menghadiri Olimpiade Berlin 1936, ia dinamakan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Terlahir sebagai warga Kanada, ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada 4 Mei 1925.

Naismith meninggal dunia 28 November 1939, kurang dari enam bulan setelah menikah untuk kedua kalinya.

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison

Masa kecil

Ia lahir di Milan, OhioAmerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Pada masa kecilnya di Amerika Serikat, Edison selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya. Oleh karena itu ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah. Di rumah dengan leluasa Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York.

Masa muda

Pada tahun 1870, ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan fonograf. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

 Prestasi Lainnya

Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain: mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.

Charles Goodyear

Charles Goodyear

Charles Goodyear (lahir di New Haven29 Desember 1800 – meninggal di New York, 1 Juli 1860 pada umur 59 tahun) adalah seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Ia kemudian mematenkan penemuannya itu pada tahun 1844. Pada Agustus 1824, Goodyear menikahi Clarissa Beecher dan mereka dikaruniai 7 orang anak, salah satunya adalah William Henry Goodyear.

John Boyd Dunlop

John Boyd Dunlop

John Boyd Dunlop (lahir di Skotlandia5 Februari 1840 – meninggal di Dublin23 Oktober 1921 pada umur 81 tahun), lahir di Skotlandia, dia merupakan penemu yang mendirikan salah satu perusahaan ban yang bernama Dunlop Pneumatic Tyre Company.

Pada tahun 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya, sebagai hadiah ulang tahun.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1889, John Boyd Dunlop mendirikan pabrik pertama Dunlop Tyres di DublinIrlandia. Dan pada tahun 1891 dibangunlah Fort Dunlop Factory di BirminghamInggris yang kini menjadi kantor pusat Dunlop

Dunlop meninggal di Dublin pada tanggal 23 Oktober 1921.

Penemu Algoritma

al-Khwarizmi

al-Khwarizmi adalah Penemu AlgoritmaAlgoritma adalah sebuah ilmu yang ada pada Matematika. 

Algoritma sendiri memiliki pengertian yaitu langkah-langkah yang logis mengenai penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis dan juga di susun secara logis.

Algoritma memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang seperti bidang teknologi. Semua aplikasi handphone maupun komputer disusun berdasarkan algoritma.

Oleh karena itu, dunia memberi penghormatan yang sangat tinggi kepada al-Khawarizmi yang dikenal sebagai penemu dari algoritma.

LINK SOAL LATIHAN 

https://bit.ly/2Zrwvwy

1. Setiap penemu berhasil menemukan suatu hal yang berharga bagi kehidupan karena mereka mempunyai sikap ….
rendah diri
pesimis
pantang menyerah
takut mencoba
 
2.Penemuan di bidang telekomunikasi di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali penemuan ….
telepon
telegraf
televisi
teleskop
 
3.Penemuan-penemuan yang dilakukan oleh manusia akan berdampak positif jika digunakan secara ….
bebas tak terbatas
bijak dan benar
terbuka dan boros
monopoli
 
4.Berikut ini adalah pemanfaatan penemuan roda yang digunakan pada alat-alat transportasi, kecuali ….
pesawat terbang
sepeda motor
kereta api
kapal laut
 
5.Banyak manfaat yang kita rasakan dengan penemuan listrik, cara bijak menggunakannya adalah ….
mematikan televisi sebelum tidur
menghidupkan semua lampu ketika keluar rumah
membiarkan semua peralatan elektronik tetap terpasang pada saklar
membiarkan lampu tetap menyala di siang hari
 
Selamat bekerja!

 

Komentar

Penemu yang mengubah dunia, Michael faraday, james Naismith, thomas alva edison, chaerlas goodyaer jhon boys dunlop, al khwarizmi.

Michael Faraday (lahir di Newington Butts, Inggris, 22 September 1791 – meninggal di Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris, 25 Agustus 1867 pada umur 75 tahun) ialah ilmuwan Inggris yang mendapat julukan "Bapak Listrik", karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk elektromagnetisme dan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruhlaboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis. James Naismith (lahir di Almonte, Canada West (kini bagian dari Ontario), 6 November 1861 – meninggal di Lawrence, 28 November 1939 pada umur 78 tahun) adalah penemu olahraga bola basket dan orang pertama yang memperkenalkan pemakaian helm dalam olahraga American football. Thomas Alva Edison Ia lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Pada masa kecilnya di Amerika Serikat, Edison selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya. Oleh karena itu ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah. Di rumah dengan leluasa Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York. Charles Goodyear (lahir di New Haven, 29 Desember 1800 – meninggal di New York, 1 Juli 1860 pada umur 59 tahun) adalah seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Ia kemudian mematenkan penemuannya itu pada tahun 1844. Pada Agustus 1824, Goodyear menikahi Clarissa Beecher dan mereka dikaruniai 7 orang anak, salah satunya adalah William Henry Goodyear. John Boyd Dunlop (lahir di Skotlandia, 5 Februari 1840 – meninggal di Dublin, 23 Oktober 1921 pada umur 81 tahun), lahir di Skotlandia, dia merupakan penemu yang mendirikan salah satu perusahaan ban yang bernama Dunlop Pneumatic Tyre Company. Pada tahun 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya, sebagai hadiah ulang tahun. Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1889, John Boyd Dunlop mendirikan pabrik pertama Dunlop Tyres di Dublin, Irlandia. Dan pada tahun 1891 dibangunlah Fort Dunlop Factory di Birmingham, Inggris yang kini menjadi kantor pusat Dunlop Dunlop meninggal di Dublin pada tanggal 23 Oktober 1921. -Khwarizmi adalah Penemu Algoritma. Algoritma adalah sebuah ilmu yang ada pada Matematika.  Algoritma sendiri memiliki pengertian yaitu langkah-langkah yang logis mengenai penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis dan juga di susun secara logis. Algoritma memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang seperti bidang teknologi. Semua aplikasi handphone maupun komputer disusun berdasarkan algoritma.

Soal yang sangat bagus

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh manusia. Secara mendasar, kebutuhan primer manusia adalah sandang, pangan, dan papan.   Sandang Sandang adalah pak

02/03/2024 06:50 - Oleh Admin - Dilihat 123 kali
Asal Mula Nama Hari di Indonesia

Hari adalah sebuah unit waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi pada porosnya sendiri. Satu hari terdiri dari siang dan malam.  Na

20/01/2024 15:47 - Oleh Admin - Dilihat 212 kali
Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Oleh Negara Lain?

Bangkok - Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara atau bangsa lain di dunia. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Penjajahan atau Kolonial

15/01/2024 21:25 - Oleh Admin - Dilihat 4368 kali
Ikal Persetujuan

Ikal persetujuan (bahasa Belanda: goedkeuringskrul atau krul; biasa disebut sebagai ponten) adalah sebuah simbol bahasa Belanda yang digunakan untuk menilai tugas sekolah atau untuk m

15/11/2023 13:05 - Oleh Admin - Dilihat 368 kali
Dari Manakah Asal Usul Nama Negara Indonesia?

Singkatnya: istilah "Indonesia" lahir dari jurnal ilmiah, disebarkan oleh ilmuwan, dan digunakan oleh tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Pada 1847 di Singapura, terbit jurnal ilmiah

06/11/2023 12:15 - Oleh Admin - Dilihat 1576 kali
Anjir

Anjir merupakan kanal buatan yang menghubungkan dua sungai besar. Anjir di Kalimantan Selatan digali melintasi daerah rawa. Semula anjir dibuat dengan cara manual, yaitu digali den

22/10/2023 21:02 - Oleh Admin - Dilihat 855 kali
Perbedaan Peta Umum dan Peta Khusus

Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan Bumi yang ditampilkan pada bidang datar. Dilihat dari isinya, peta dibagi menjadi dua jenis, yakni peta umum dan peta khusus  .

05/10/2023 15:55 - Oleh Admin - Dilihat 10292 kali
7 Pulau Terbesar di Dunia

Australia secara teknis merupakan sebuah pulau terbesar di dunia karena tidak terhubung dengan daratan lainnya. Tetapi, wilayah tersebut sering dianggap sebagai daratan kontinental. Dil

27/09/2023 07:43 - Oleh Admin - Dilihat 13563 kali
Lampu dan Perubahan Sosial Budaya

Apakah Sobat pernah membayangkan bagaimana kehidupan manusia sebelum adanya lampu? Bagaimana mereka melakukan berbagai aktivitas di malam hari tanpa penerangan yang cukup? Lampu adala

19/09/2023 21:27 - Oleh Admin - Dilihat 2627 kali
Sejarah Perubahan Status DKI Jakarta

Menyitir situs resmi Pemprov DKI Jakarta, berikut sepak terjang perjalanan Kota Jakarta hingga kini sebagai kota metropolis. Abad ke-14, bernama Sunda Kalapa dan menjadi pusat pela

15/09/2023 16:11 - Oleh Admin - Dilihat 1709 kali