• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah Oleh Negara Lain?

Bangkok - Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara atau bangsa lain di dunia. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Penjajahan atau Kolonialisme terjadi ketika suatu negara menundukkan negara lain, menaklukkan penduduknya dan mengeksploitasi negara tersebut. Kolonialisme seringkali memaksakan nilai-nilai budaya dan bahasanya kepada pihak yang dijajah.

Pada tahun 1914, sebagian besar negara di dunia pernah merasakan penjajahan Eropa. Kecuali, Thailand.

Terhindarnya Thailand dari penjajahan negara-negara Eropa berkaitan dengan reformasi sentralisasi oleh Raja Chulalongkorn.

Thailand yang dahulu disebut sebagai Kerajaan Siam terletak di antara Burma yang dikuasai Inggris dan Indochina yang dikuasai Prancis, sekarang menjadi Vietnam, Laos, dan Kamboja.

Kunci Thailand Tak Pernah Dijajah

Raja-raja Siam, khususnya Chulalongkorn, menyadari bahwa satu-satunya menghindari penjajahan adalah mendekatkan diri kepada Eropa.

Pada pertengahan abad ke-19, Siam memiliki sistem politik unik dan mapan yang disebut sebagai Mandala, dilansir dari New Historian.

Sistem Mandala justru berfokus pada wilayah pengaruh dimana penguasa yang lebih lemah memberikan penghormatan kepada penguasa yang lebih berkuasa.

Kerajaan Siam pun berusaha memadukan beberapa faktor yang ada untuk menghindari kekuatan Eropa.

Pertama, letak geografis Siam yang berada di antara Semenanjung Malaya di bawah koloni Inggris dan Indochina di bawah koloni Perancis memungkinkan wilayah tersebut menjadi zona netral.

Kedua, Raja Chulalongkorn mengubah sistem politiknya dengan lebih Eropa dan menjadi pertanda dimulainya proyek besar-besaran untuk memodernisasi Thailand.

Aspek penting dari proyek ini adalah pembuatan peta, karena orang Siam menyadari bahwa orang Eropa banyak menekankan pada ilmu pengetahuan, khususnya ilmu topografi.

Peta digunakan Inggris dan Perancis sebagai penentu wilayah yang mereka kuasai dan ketika perbatasan tidak jelas. Mereka memanfaatkan kondisi ini untuk mengklaim wilayah tersebut.

Ketiga, Raja Chulalongkorn mengubah kekuasaan yang tersebar menjadi terpusat. Raja mempunyai kekuasaan atas seluruh wilayah secara de facto, tetapi masih banyak wilayah yang tidak memiliki kepastian politik secara de jure.

Raja Chulalongkorn untuk pertama kalinya dalam sejarah Siam membentuk pasukan khusus untuk mengendalikan penguasa lokal dan wilayah yang tidak diawasi.

Raja Chulalongkorn melucuti dan menggulingkan penguasa lokal dengan memusatkan kekuasaan di Bangkok. Tindakan frontal Raja Chulalongkorn berkaitan dengan tekanan Barat yang terus berlanjut dan warisan kebijakan ayahnya, Raja Mongkut, yang memberikan konsesi teritorial kepada Barat.

Reformasi yang dilakukan Raja Chulalongkorn juga mencakup reorganisasi pemerintahan menjadi kementerian-kementerian yang dengan tanggung jawab fungsional dan birokrasi terpusat.

Pemerintah juga menerapkan sistem administrasi yang seragam dan terpusat di provinsi-provinsi terpencil, mensistematisasikan pengumpulan pendapatan pemerintah, menghapuskan perbudakan dan persyaratan layanan tenaga kerja, menetapkan pengadilan hukum dan reformasi peradilan, memperkenalkan sistem sekolah modern, serta membangun sistem kereta api dan telegraf.

Reorganisasi besar-besaran juga diberlakukan kepada kebiksuan Budha dengan memasukkan semua biksu di seluruh negeri ke dalam sangha sebagai hierarki keagamaan berskala nasional yang pada puncaknya terhubung dengan raja.

Reformasi Raja Chulalongkorn berdampak luar biasa pada sejarah Thailand menjadi negara yang lebih modern dan tidak pernah dijajah oleh bangsa lainnya.

Sumber: https://travel.detik.com

Jawablah pertanyaan berikut sesuai teks bacaan

  1. Kolonialisme terjadi ketika suatu negara menundukkan negara lain, menaklukkan penduduknya dan mengeksploitasi negara tersebut. Kata kolonialisme bermakna...
  2. Thailand dulunya disebut kerajaan...
  3. Burma (Myanmar sekarang) pada masa pejajahan dikuasai oleh Inggris dan negara Indochina dikuasai Prancis. Sekarang indochina menjadi negara apa saja? Sebutkan 3 negara!
  4. Salah satu penyebab Thailand tidak dijajah adalah karena Inggris dan Perancis menjadikan Thailand sebagai zona... 
  5. Menurut Raja-raja Siam, khususnya Chulalongkorn bagaimana cara terhindar dari penjajahan?

Komentar

Ternyata ingatan saya sangat bagus.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang dibutuhkan oleh manusia. Secara mendasar, kebutuhan primer manusia adalah sandang, pangan, dan papan.   Sandang Sandang adalah pak

02/03/2024 06:50 - Oleh Admin - Dilihat 110 kali
Asal Mula Nama Hari di Indonesia

Hari adalah sebuah unit waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi pada porosnya sendiri. Satu hari terdiri dari siang dan malam.  Na

20/01/2024 15:47 - Oleh Admin - Dilihat 201 kali
Ikal Persetujuan

Ikal persetujuan (bahasa Belanda: goedkeuringskrul atau krul; biasa disebut sebagai ponten) adalah sebuah simbol bahasa Belanda yang digunakan untuk menilai tugas sekolah atau untuk m

15/11/2023 13:05 - Oleh Admin - Dilihat 361 kali
Dari Manakah Asal Usul Nama Negara Indonesia?

Singkatnya: istilah "Indonesia" lahir dari jurnal ilmiah, disebarkan oleh ilmuwan, dan digunakan oleh tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Pada 1847 di Singapura, terbit jurnal ilmiah

06/11/2023 12:15 - Oleh Admin - Dilihat 1550 kali
Anjir

Anjir merupakan kanal buatan yang menghubungkan dua sungai besar. Anjir di Kalimantan Selatan digali melintasi daerah rawa. Semula anjir dibuat dengan cara manual, yaitu digali den

22/10/2023 21:02 - Oleh Admin - Dilihat 827 kali
Perbedaan Peta Umum dan Peta Khusus

Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan Bumi yang ditampilkan pada bidang datar. Dilihat dari isinya, peta dibagi menjadi dua jenis, yakni peta umum dan peta khusus  .

05/10/2023 15:55 - Oleh Admin - Dilihat 10157 kali
7 Pulau Terbesar di Dunia

Australia secara teknis merupakan sebuah pulau terbesar di dunia karena tidak terhubung dengan daratan lainnya. Tetapi, wilayah tersebut sering dianggap sebagai daratan kontinental. Dil

27/09/2023 07:43 - Oleh Admin - Dilihat 13094 kali
Lampu dan Perubahan Sosial Budaya

Apakah Sobat pernah membayangkan bagaimana kehidupan manusia sebelum adanya lampu? Bagaimana mereka melakukan berbagai aktivitas di malam hari tanpa penerangan yang cukup? Lampu adala

19/09/2023 21:27 - Oleh Admin - Dilihat 2545 kali
Sejarah Perubahan Status DKI Jakarta

Menyitir situs resmi Pemprov DKI Jakarta, berikut sepak terjang perjalanan Kota Jakarta hingga kini sebagai kota metropolis. Abad ke-14, bernama Sunda Kalapa dan menjadi pusat pela

15/09/2023 16:11 - Oleh Admin - Dilihat 1666 kali
10 Negara Terkaya di Dunia

1. Irlandia: 145,196 USD (Rp 2,222,242.54) Setelah krisis keuangan besar pada 2008, Irlandia melakukan banyak upaya untuk mereformasi industri perbankannya. Negara ini mengambil langk

23/08/2023 11:58 - Oleh Admin - Dilihat 8026 kali