Hak veto biasanya ditemukan pada suatu lembaga tinggi negara. Selain itu, hak veto juga terdapat dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). 

Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet (kini namanya Rusia) merupakan negara pemprakarsa berdirinya Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Secara Internasional disebut United Nation (UN). PBB didirikan setelah bubarnya LBB karena perang dunia ke-2.

Dalam Dewan Keamanan PBB, hak veto hanya dimiliki oleh lima negara yang berposisi sebagai anggota tetap DK PBB, yaitu Amerika Serikat, Rusia, Republik Rakyat China, Prancis, dan Inggris.

Adanya hak veto ini memungkinkan 5 negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB tersebut menolak suatu keputusan atau resolusi yang akan dikeluarkan jika keputusan atau resolusi tersebut dirasa merugikan salah satu dari kelima negara tersebut.

Hingga saat ini, penggunaan hak veto yang dimiliki oleh 5 negara tersebut banyak menuai kritik karena dianggap tak demokratis dan menjadi faktor penghambat bagi perdamaian dunia, karena salah satu dari 5 anggota DK-PBB bisa membatalkan apa saja keputusan Sidang Umum PBB tentang perdamaian dunia, bila Ia tidak setuju.  Salam

Sumber: MSN

Foto ©Copyright (c) 2016 TEMPO.CO

  1. PBB singkatan dari...
  2. Sebutan PBB secara Internasional adalah...
  3. Kerja sama antara Indonesia dan Malaysia disebut kerja sama secara... (multilateral, bilateral, regional)
  4. PBB termasuk kerja sama... (multilateral, bilateral, regional)
  5. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Se-Asia Tenggara termasuk kerja sama... (multilateral, bilateral, regional)
  6. Unesco, ILO, IMF adalah bagian dari badan PBB. (benar/salah)
  7. Kantor PBB ada di Inggris. (benar/salah)
  8. Lima (5) anggota DK-PBB bisa membatalkan apa saja keputusan Sidang Umum PBB tentang perdamaian dunia, bila Ia tidak setuju. (benar/salah)