• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

20 Fakta Tentang Nikola Tesla | Seberapa Tahu Anda dengan Nikola Tesla?

Ketika insinyur dan fisikawan Serbia-Amerika Nikola Tesla mulai membangun penemuan terbarunya, ia disebut gila oleh orang-orang di sekitarnya. Penemu banyak hal ini, dalam menghadapi rintangan yang sangat besar, mampu membuktikan bahwa sebagian besar penentangnya salah. Sepanjang jalan kehidupan, ia berhasil mengubah dunia. Tanpa Tesla, kita mungkin tidak memiliki beberapa gadget berteknologi tinggi yang paling banyak digunakan saat ini.

Teruslah membaca untuk menjelajahi kehidupan dan masa-masa Nikola Tesla yang brilian, membuat frustrasi, dan benar-benar aneh. Apakah Anda mempelajari sesuatu yang baru dari hasil membaca ini? Mari lanjutakan!

1. Ia Lahir Saat Badai Petir


©Stefano Bianchetti/Corbis via Getty Images

Mungkin tidak ada pertanda kelahiran yang lebih baik daripada kelahiran Nikola Tesla. Ibunya melahirkan saat badai besar yang menyebabkan sambaran petir yang dahsyat menerangi langit. Saat ibunya melahirkan, bidan mengatakan (kepercayaan saat itu) bahwa melahirkan saat badai petir merupakan pertanda buruk.

Saat itu hampir tengah malam di Serbia ketika Tesla lahir dan ibunya segera berdiri untuk putranya yang baru lahir. Setelah kelahiran Tesla, bidan mengatakan bahwa ia akan menjadi anak kegelapan. Ibu Tesla membalas, "Tidak, ia akan menjadi anak cahaya." begitu ibunya mendoakan. 

2. Ibu Tesla Juga Menjadi Salah Satu Inspirasi Terbesarnya dalam Hidup


©Fototeca Gilardi/Getty Images


Nikola Tesla tidak hanya lahir saat badai petir dahsyat, ibunya juga menjadi inspirasinya berkat ketertarikannya pada peralatan listrik.

Ibu Tesla, Djuka Mandic, menemukan peralatan listrik kecil di waktu luangnya. Tesla sering berada di dekat ibunya saat ibunya sedang dalam mode penemuan penuh. Ini mungkin menjadi inspirasi besar dalam hidup Tesla yang sebagian besar berfokus pada perangkat bertenaga listrik.

3. Terlahir untuk tertarik listrik

©ullstein bild/ullstein bild via Getty Images

Tesla, seorang jenius, berencana untuk memulai kehidupan dewasanya di bidang matematika dan fisika. Ia masuk sekolah Realschule, Karlstadt pada tahun 1873, lalu melanjutkan pendidikan di Institut Politeknik di Graz, Austria, dan Universitas Praha (yugoslavia). Namun, pekerjaannya sebagai insinyur listrik untuk perusahaan telepon Budapest pada tahun 1881 yang akan mengarahkan masa depannya. Saat mengerjakan pekerjaan itu, Tesla menjadi terpesona oleh listrik dan berusaha menjelajahi bidang tersebut. Keputusan ini segera menjadikannya salah satu penemu terpenting sepanjang masa.

4. Terobosan Penemuaannya Termotivasi dari Jalan-Jalan di Taman

©Boyer / Kontributor

Pada tahun 1883, Nikola Tesla sedang berjalan-jalan di taman bersama seorang teman di Strasbourg, Prancis. Selama berjalan-jalan inilah ia menemukan ide untuk membuat motor induksi. Pada dasarnya, motor AC yang ditenagai oleh induksi elektromagnetik.

Para investor di Eropa tidak yakin idenya akan berhasil atau menjadi populer. Karena frustrasi dengan kurangnya dukungan di Eropa, Tesla berkemas dan pergi ke Amerika Serikat, tempat ia bekerja di New York City untuk Thomas Edison.

5. Air Terjun Niagara Memenuhi Salah Satu Impian Masa Kecil Tesla

©Schenectady Museum; Hall of Electrical History Foundation/CORBIS/Corbis via Getty Images

Sementara kebanyakan anak-anak bermain di luar selama tahun-tahun pembentukan diri mereka, Nikola Tesla punya rencana lain. Ia bermimpi membangun rencana hidroelektrik besar yang dapat memberi daya pada rumah-rumah dan investasi masa depannya.

Pada tahun 1895, Tesla ditugaskan untuk merancang pembangkit listrik tenaga air pertama di Air Terjun Niagara. Penemuan inilah yang akan membantu mendorong peningkatan minat terhadap teknologi arus bolak-balik buatannya. Saat mengunjungi Goat Island, Anda akan menemukan patung yang dibangun untuk menghormati Tesla karena pencapaian ini. Penemuannya membantu memberi daya pada kota Buffalo, New York.

6. Makanan Padat? Bukan untuk Penemu Aneh Ini

©Fine Art Images/Heritage Images via Getty Images

Seperti yang sering terjadi pada sikap dan sifat penemu terkenal, Nikola Tesla memiliki beberapa kebiasaan aneh yang menonjol di antara banyak orang. Salah satu kebiasaan anehnya yang paling terkenal adalah keputusannya untuk berhenti makan makanan padat. Bagaimana ia mencapai tujuan ini hampir sama anehnya dengan diet yang dipilihnya.

Tesla memilih untuk makan madu dan minum semangkuk susu hangat, dan membuat ramuan khusus yang mengandung berbagai sayuran seperti seledri dan artichoke. Jika ia melakukan hal yang sama hari ini, ia mungkin akan memicu tren diet baru.

7. Jadwal Tidur Tesla sangat "Gila"

©Bettmann / Kontributor

Dorongan untuk menciptakan sesuatu tampaknya mengalahkan kebutuhan tubuh Nikola Tesla untuk tidur. Investor terkenal itu memilih untuk tidur sebentar-sebentar daripada tertidur selama tujuh hingga delapan jam.

Meskipun Tesla mengakui bahwa ia terkadang tertidur selama beberapa jam, ia lebih suka tidur siang selama dua jam dalam jangka waktu 24 jam. Dalam satu laporan terkenal, disebutkan bahwa Tesla pernah bekerja selama 84 jam tanpa henti sebelum akhirnya tertidur.

8. Penemuan Tesla pada Tahun 1882 Mungkin Telah Mengubah Arah Sejarah

©Fine Art Images/Heritage Images/Getty Images

Pada tahun 1882 Tesla bekerja tanpa lelah untuk mencapai terobosan besar berikutnya dan ia menemukannya saat menemukan medan magnet berputar. Prinsip tersebut menjadi dasar untuk semua perangkat yang memerlukan daya AC untuk beroperasi.

Tesla menggunakan prinsip yang ia temukan dan membangun motor induksi AC dan sistem polifase untuk pembangkitan, transmisi, distribusi, dan penggunaan daya listrik. Terobosan tersebut menjadi pengubah permainan di bidang Tesla.

9. Tesla Berperang Melawan Pendapat Thomas Edison Saat Bekerja di New Jersey

©Michael Nicholson/Corbis via Getty Images

Thomas Edison percaya bahwa listrik DC, yang mengalir dalam satu arah, adalah bentuk terbaik untuk digunakan untuk memberi daya pada perangkat. Tesla tidak setuju, ia menginginkan daya AC yang berubah arah secara berkala.

Orang-orang itu begitu bersikeras dengan pandangan mereka sendiri tentang listrik sehingga memicu "perang arus" yang terkenal. Edison, seorang penemu yang sangat cerdas pada akhirnya kalah dalam pertempuran tersebut karena Tesla menunjukkan bahwa daya AC menawarkan efisiensi yang lebih unggul. Daya AC juga dapat disalurkan melalui jarak yang lebih jauh. (Dan sekarang terbukti tesla benar).

10. Tesla Bermitra dengan Westinghouse dan Membawa Listrik ke Amerika

©Kean Collection / Staff

Pada tahun 1888, Nikola Tesla menulis sebuah makalah berjudul "Sistem Baru Motor dan Transformator Arus Bolak-balik." Dalam makalah tersebut, Tesla menjelaskan sistem dan motor listriknya. Makalah tersebut menarik perhatian Westinghouse.

Tesla bermitra dengan perusahaan tersebut dan mereka mulai membangun infrastruktur listrik yang melintasi sebagian besar Amerika. Jaringan listrik dibangun menggunakan sistem yang digerakkan oleh arus bolak-balik (AC) yang masih digunakan pada abad ke-21 untuk menyalurkan listrik ke rumah, bisnis, dan berbagai lokasi lainnya.

11. Nikola Menemukan Kumparan Tesla yang Membantu Mengembangkan Radio dan TV

©FPG / Staff

Pada tahun 1891, Tesla menciptakan kumparan induksi yang mampu menghasilkan arus bolak-balik frekuensi tinggi. Kini, kita mengenal perangkat tersebut sebagai kumparan Tesla.

Tesla menggunakan kumparannya untuk melakukan eksperimen yang menghasilkan penerangan listrik, sinar-X, dan daya nirkabel. Terobosan barunya tersebut pada akhirnya membantu menyalakan radio dan TV. Kini, kumparan tersebut telah digantikan oleh teknologi baru, tetapi masih sering digunakan untuk tujuan pendidikan dan hiburan.

12. Paten Radio Tesla Membuktikan Ia Membangun Sarana untuk Sistem Tersebut

©Herbert Barraud / Stringer

Jika Anda pernah mendengar nama Guglielmo Marconi, kemungkinan besar karena ia dianggap sebagai penemu sistem radio pertama. Pada tahun 1901, Marconi menyiarkan transmisi radio transatlantik pertama di dunia.

Namun, sebenarnya Nikola Tesla-lah yang mengembangkan dan mematenkan elemen dasar pemancar radio. Marconi hanya mengambil teknologi itu dan menerapkannya pada radionya. Kedua penemu itu berakhir di pengadilan dan berselisih tentang penciptaan radio tersebut.

13. Tesla Jatuh Cinta pada Seekor Merpati

©Bettmann / Kontributor

Nikola Tesla menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menciptakan sesuatu dan hanya menyisakan sedikit waktu untuk kehidupan pribadinya. Sepanjang hidupnya yang terkenal, sang penemu tidak pernah menikah. Namun, ia berhasil jatuh cinta pada seekor burung.

Tesla sering berjalan-jalan di taman kota untuk membayangkan penemuannya berikutnya. Selama berjalan-jalan, ia bertemu seekor merpati putih yang mengunjunginya setiap hari. "Saya mencintai merpati itu seperti seorang pria mencintai seorang wanita, dan ia mencintai saya. Selama saya memilikinya, hidup saya selalu memiliki tujuan," kata Tesla.

14. Obsesif-Kompulsifnya Mudah Dideteksi

©David Lefranc/Kipa/Sygma via Getty Images

Nikola Tesla mengalami gangguan obsesif-kompulsif yang ekstrem. Selama hidupnya, ia terobsesi dengan angka tiga, tidak tahan dengan benda bulat, benci menyentuh rambut, dan jijik dengan perhiasan.

Salah satu ketakutan terbesar Tesla adalah mutiara dan ia menolak untuk berbicara dengan wanita yang mengenakannya. Pada suatu kesempatan, ia menyuruh sekretarisnya pulang ketika sekretarisnya datang ke kantornya mengenakan perhiasan mutiara. Tesla juga harus berjalan mengelilingi gedung tiga kali sebelum memasukinya. Setidaknya ia melakukan latihan berbasis OCD!

15. Tesla Juga Seorang yang Sangat Takut Kuman Setelah Hampir Meninggal Saat Masih Kecil

©Library of Congress/Getty Images

Selain OCD kronisnya, Nikola Tesla juga sangat takut kuman. Tesla pernah sakit kolera saat remaja dan hal itu membuatnya terpesona dengan kuman yang kemudian membuatnya sangat sulit membersihkan diri.

Saat makan malam, Tesla mengenakan sarung tangan putih untuk melindungi dirinya dari kuman. Dia juga harus menggunakan tepat 18 serbet untuk membersihkan ruang makannya setiap malam. Tesla juga memastikan untuk mengikuti rutinitas kebersihan pribadi yang sangat ketat.

16. Salah Satu Mesinnya Menyembuhkan Sembelit Mark Twain

©Kostich/FPG/Arsip Foto/Getty Images

Ini mungkin salah satu kisah paling aneh dari kehidupan Tesla yang menggemparkan. Tesla bekerja dengan perangkat yang dapat menyediakan osilator frekuensi tinggi. Pada dasarnya, Tesla sedang membangun mesin gempa. Mesin itu begitu kuat hingga mengguncang lingkungan Manhattan-nya saat ia bereksperimen.

Tesla diduga mengundang temannya Mark Twain ke kantornya. Mengetahui tentang masalah sembelit yang dialami Twain, ia meminta penulis terkenal itu untuk berdiri di atas platform mesin. Tesla menyalakan perangkat itu dan Twain diduga berlari ke kamar mandi.

17. Otak Tesla Sangat Unik dalam Beberapa Cara yang Menarik

©Fine Art Images/Heritage Images/Getty Images

Nikola Tesla dapat menghafal seluruh buku dan gambar dengan ingatan yang sempurna. Ia menganggap ingatannya sebagai penyebab mimpi buruknya yang mengerikan saat masih kecil. Ingatannya membantunya dalam beberapa cara yang unik saat ia menciptakan banyak penemuannya.

Tesla dikabarkan menyimpan "visinya tentang berbagai penemuan" di otaknya dan mengingat informasi itu dengan jelas saat dibutuhkan untuk karyanya. Ia juga mampu memvisualisasikannya dalam 3D, yang memungkinkannya melihat semua sisi penemuannya sebelum ia mengambil alat atau selembar kertas untuk membuatnya.

18. Beberapa Penemuan Tesla Masih Dirahasiakan

©Bettmann / Kontributor

Nikola Tesla menciptakan banyak penemuan yang menakjubkan dan cemerlang sepanjang hidupnya. Banyak dari penemuan tersebut yang menggerakkan radio, telepon seluler, dan teknologi lain yang masih digunakan hingga saat ini. Namun, beberapa karyanya masih dirahasiakan dan disimpan oleh Pemerintah AS.

Kantor Properti Asing menyita semua barang miliknya setelah kematian investor tersebut. Beberapa barang tersebut dikirim ke museum Tesla di Beograd dan beberapa dikirim ke keluarganya. Setidaknya beberapa karyanya masih dianggap tidak dapat didekati, bahkan di abad ke-21. Hmmm... Mungkin sinar kematian itu memang ada.

19. Tesla Meningkatkan Kekuatan Otaknya dengan Melatih Jari Kakinya

©adoc-photos/Corbis via Getty Images

Tesla adalah orang yang kompetitif dan ia menggunakan segala cara yang diperlukan untuk menjaga otaknya berfungsi pada tingkat yang jenius. Salah satu praktiknya yang paling tidak biasa melibatkan jenis latihan jari kaki tertentu.

Tesla akan meremas jari kakinya 100 kali setiap malam. Ia percaya bahwa latihan seperti itu akan membantu merangsang sel-sel otaknya yang akan memungkinkannya untuk menciptakan gadget yang menarik. Siapakah kita untuk berdebat dengan salah satu pemikir paling cemerlang yang pernah dikenal manusia?

20. Ia Ingin Memberi Daya pada Bumi Menggunakan Arus Frekuensi Tinggi dari Atmosfer Atas Planet

©Getty Images

Tesla memiliki misi untuk memberi daya pada seluruh planet dan ia memiliki teori radikal bahwa kita dapat mencapai tujuan ini menggunakan gas di atmosfer atas Bumi. Ia mengatakan gas tersebut dapat membawa arus listrik frekuensi tinggi yang akan menciptakan "lampu malam terestrial."

Tesla tidak pernah menyerah pada rencananya untuk "menerangi seluruh bumi secara artifisial" tetapi belum ada ilmuwan yang mengetahui dengan tepat bagaimana hal yang tampaknya gila tersebut dapat dilakukan.

Demikian 20 hal tentang Tesla Sang Penemu listrik yang kita rasakan saat ini. 

  1. Siapa Nikola Tesla?
  2. Nikola Tesla adalah penemu arus listrik bolak... (AC).
  3. Tesla jenius dibidang pelajaran...
  4. Bagaimana cara otak Tesla menyimpan Informasi sebelum ia mengambil alat atau selembar kertas untuk membuatnya?
  5. Siapa sosok yang Inspirasi Terbesarnya dalam Hidup Tesla?
  6. Pada tahun 1895, Tesla ditugaskan untuk merancang pembangkit listrik tenaga... pertama.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
20 Fakta Tentang Nikola Tesla | Seberapa Tahu Anda dengan Nikola Tesla?

Ketika insinyur dan fisikawan Serbia-Amerika Nikola Tesla mulai membangun penemuan terbarunya, ia disebut gila oleh orang-orang di sekitarnya. Penemu banyak hal ini, dalam menghadapi

19/09/2024 09:16 - Oleh Admin - Dilihat 142 kali
Gambar Pemandangan Dua Gunung Oleh Anak SD Sejak kapan?

Pemandangan dua gunung adalah pola lukisan umum yang digambar oleh anak TK atau SD di Indonesia. Lukisan ini biasanya menggambarkan dua gunung, jalan, sawah, dan matahari. Pola lukis

23/07/2024 06:52 - Oleh Admin - Dilihat 510 kali
Nikola Tesla

Hari ini adalah Hari ulang tahun Nikola Tesla. Siapa Dia? Nikola Tesla adalah seorang penemu, insinyur listrik, insinyur mesin, dan futuris keturunan Serbia-Amerika. Lahir di

10/07/2024 13:20 - Oleh Admin - Dilihat 359 kali
Lou Ottens Penemu Pita Kaset Audio

Lou Ottens, insinyur berkebangsaan Belanda, penemu pita kaset audio, yang mengubah cara orang mendengarkan musik, meninggal dunia di usia 94 tahun. Sekitar 100 miliar pita kaset

03/07/2024 07:21 - Oleh Admin - Dilihat 165 kali
7 Ilmuwan Indonesia dan Penemuannya yang Diakui Dunia

Melalui kemampuan para ilmuwan, Indonesia menjadi bangsa yang turut berperan dalam perkembangan teknologi dunia. Oleh karena itu, dalam percaturan dunia, negara Indonesia termasuk sebag

13/07/2023 11:55 - Oleh Admin - Dilihat 30275 kali
Hans Christian Andersen

Bagian belakang buku yang ditampilkan di ilustrasi bacaan hari ini adalah karya penulis Denmark abad ke-19, Hans Christian Andersen. Ulang tahunnya tanggal 1 April dijadikan perayaan da

05/09/2021 20:32 - Oleh Admin - Dilihat 1996 kali
Rahmat Lifter Masa Depan Indonesia yang Bersinar di Olimpiade 2020

Bendera Indonesia kembali berkibar di podium Olimpiade 2020. Momen hebat itu bisa terjadi lantaran salah satu atlet Tanah Air, Rahmat Erwin Abdullah sukses meraih medali perunggu d

28/07/2021 23:55 - Oleh Admin - Dilihat 585 kali
Olimpiade Masa Lampau dan Kini

Pernahkah sobat 006 berpikir mengapa ajang olahraga internasional empat tahunan yang sedang berlangsung di Tokyo, Japan, 23 Jul 2021 – Minggu, 8 Agustus 2021 diberi nama "Olimpiad

27/07/2021 14:14 - Oleh Admin - Dilihat 2905 kali
Mengenang Frans Kaisiepo, Tokoh Pemersatu Papua dan Indonesia

Salah satu rakyat Papua yang dianggap berjasa bagi Republik Indonesia adalah Frans Kaisiepo. Ia adalah Gubernur Provinsi Papua keempat dan dikenal sebagai salah satu sosok yang ber

17/07/2021 08:54 - Oleh Admin - Dilihat 6478 kali
Tahukah Sobat Siapa Kartini?

Fakta-fakta R.A. Kartini Ada museum peninggalan Kartini di Jepara Museum kartini didirikan pada 30 Maret 1975. Museum tersebut berisi benda-benda peninggalan Kartini dan warisan yang

22/04/2021 08:05 - Oleh Admin - Dilihat 634 kali