• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Selamat datang di permainan “Jelajah Nusantara”

Kalian akan berjalan-jalan menyusuri Pulau Sumatera dengan cara menjawab lima pertanyaan yang ada di setiap kota dimulai dari kota nomor 1.

Jika kalian menjawab seluruh pertanyaan dengan benar, maka kalian akan tiba di kota terakhir dan mendapatkan nilai dari bapak/ibu guru kalian.

Berikan tanda menggunakan spidol di setiap kota dan perjalanan yang sudah kalian tempuh. Selamat bermain!

Berikut ini adalah kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 5 Halaman 30-31 Kurikulum Merdeka SD MI Jelajah Nusantara Bab 1 Pancasila dalam Kehidupanku.

1. Tuliskan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai seorang anak di rumah dan peserta didik di sekolah?

Jawaban:

Di rumah : Beribadah dengan penuh kesadaran, membantu orang tua membereskan rumah, merapikan kamar setelah bangun tidur, menghormati orang tua, mentaati aturan yang ada di rumah.

Di Sekolah: Datang tepat waktu ke sekolah, berpakaian rapi sesuai ketentuan sekolah, menghormati guru dan orang yang lebih tua, menghargai pendapat teman saat diskusi kelompok, menghargai perbedaan teman yang ada di sekolah, menaati tata tertib sekolah.

2. Mengapa sebagai seorang anak perlu membiasakan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Jawab: Karena membiasakan berperilaku sesuai nilai Pancasila sejak anak penting agar dia tumbuh menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia yang mempunyai moral sesuai harapan bangsa.

3. Bagaimana caramu membiasakan diri menerapkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Jawab: Cara saya yaitu dengan menyadari dan berkomitmen menggunakan catatan harian yang saya susun agar setiap aktivitas yang dilakukan dapat berjalan secara berkelanjutan.

4. Jelaskan secara sederhana kronologis lahirnya Pancasila!

Jawab: Pada tangal 1 Juni 1945 disepakati sebagai hari lahir Pancasila, kemudian gagasan Pancasila yang disampaikan Sukarno saat sidang BPUPK mengalami perkembangan pada naskah Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, hingga disepakati rumusan yang sah pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

5. Sikap teladan apa saja yang dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari- hari berdasarkan nilai-nilai Pancasila?

Jawab: Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan YME, saling menghargai antarteman, menghormati perbedaan yang ada di sekitar, mengutamakan diskusi secara musyawarah untuk mengambil keputusan, dan berupaya bersikap adil kepada orang lain dalam berbagai situasi.

Komentar

Sudah ditulis jawaban

Komentari Tulisan Ini