• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Launching Website SDN 006 Batam Kota

Puji syukur

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT. Pada Senin tanggal 27 Juli website Sekolah Dasar Negeri 006 Batam Kota resmi diterima. 

Saat diterima, tentu ibarat gedung baru atau rumah baru. Kosong tanpa perabotan. Dalam hal web, tentu kosong tanpa berita dan data sekolah. 

Sama-sama punya keinginan

Admin secara pribadi sudah lama memimpikan sekolah kita punya website resmi. Inilah anehnya abad 21, era industri 4.0. Yang mana big data dan kecepatan informasi memegang peranan penting. Ternyata gedung megah berlantai keramik beratap spandek, dan fasilitas fisik lainnya, belumlah cukup menandakan sebuah sekolah itu maju. 

Hal tersebut admin ceritakan kepada kepala sekolah. Pentingnya sekolah besar seperti kita, saat pandemi pula, harus punya web sekolah. Ide tersebut admin sampaikan kepada sepala sekolah. Ibarat kata pepatah; gayung tua, gayung memutus, gayung bersambut. 

Walaupun kepala sekolah kita orang lama, tapi pemikirannya tetap sesuai dengan tantangan pendidikan abad 21. Beliau setuju kita harus punya website sekolah. "Saya juga sudah lama menginginkan program website sekolah," ujarnya suatu waktu. 

Ada hal-hal tertentu yang tidak bisa diakomodasi gedung fisik, yang tidak bisa bergerak, tidak bisa diubah bentuk dalam semalam, maka sekolah kita butuh gedung di dunia maya. Inilah gedung itu berupa website yang kita bangun juga melalui developer. 

Makin penting keberadaan website ini sebagai penyambung lidah sekolah, terutama saat pandemi sekarang ini, kepada stakeholder sekolah. Baik masyarakat, kedinasan, siswa, sampai nanti para alumni. Bisa kita satukan dan bersua melalui website ini. 

Begitu juga nanti peranan website ini ketika tahun ajaran baru. Website kita mengakomodasi sistem penerimaan murid baru secara online nantinya.

Peranan bagi pendidik dan siswa

Bagi pendidik tentu banyak manfaat situs ini. Apalagi bagi pendidik yang suka menulis. Situs ini bisa jadi ajang berkreasi dan penyampai ide. Pendidik yang berprestasi atau memberi prestasi bagi sekolah tentu saja akan menjadi trend atau topik utama di situs ini nantinya. 

Bagi siswa juga demikian. Apapun berita, prestasi sekolah, pengumuman, dan kegiatan sekolah, insyaallah dapat mereka temukan di sini tanpa bertanya melalui WA wali kelasnya.

Inilah salah satunya; Sekolah kita hendak membangun informasi satu pintu. Oh, ya! Mulai saat ini, sekolah kita sudah punya email resmi, bukan gratisan lagi, yaitu info@sdn006batamkota.sch.id

Apa kedepannya?

Belum usai dan kita kuasai hal-hal tentang guru abad 21 dan industri 4.0. Kita pendidik sudah dapat tantangan Era industri 5.0. Apa itu? Salah satu contohnya penggunaan penyimpanan awan (cloud computing) dan berkolaborasi (bekerja) di awan.  Semua arsip dan data kita semua tersimpan di awan. Tanpa kuatir tercecer di laci atau meja kantor. Bisa diambil dan dilihat dari mana saja. 

Besar harapan admin, kita sama-sama mau belajar, hal hebat lain akan kita temukan nantinya. 

Bagaimana menurut Bapak/Ibu? 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SDN 006 BATAM KOTA BORONG GELAR JUARA

Batam Kota. SDN 006 Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau berhasil memborong 5 gelar juara pada perhelatan OSN, O2SN, FLS2N, Agama, dan Pramuka se-Batam Kota yang dilaksanakan Sejak ta

06/03/2023 11:03 - Oleh Admin - Dilihat 789 kali
Mengenal OSIS (Untuk siswa kelas 6 yang akan meninggalkan pendidikan dasar)

Di SMP nanti sobat yang kelas 6 saat ini, saat sudah duduk di SMP nanti akan mengenal yang namanya OSIS.  OSIS adalah kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Satu-satunya

14/02/2023 13:33 - Oleh Admin - Dilihat 3426 kali
Kapan Waktu yang Tepat Masuk Sekolah Dasar?

Adapun setelah melewati masa prasekolah, anak bisa melanjutkan ke jenjang sekolah dasar (SD). Terkait usia masuk SD, psikolog sekaligus Dosen Universitas Indonesia (UI), Rose Mini Agoes

30/01/2023 21:04 - Oleh Admin - Dilihat 551 kali
4C di Era Digital

Agus Indira, dari Pandu Digital Madya Indonesia pada sebuah seminar zoom meeting, menyampaikan segala aktivitas dan interaksi yang dilakukan seseorang di ruang digital bisa menjadi se

06/11/2022 08:31 - Oleh Admin - Dilihat 702 kali
Mewujudkan transformasi pendidikan di sekolah net zero carbon

Pendidikan berkualitas menjadi faktor penting demi kemajuan bangsa terutama bagi sumber daya manusianya.Tak hanya dari pembelajaran, aspek sarana dan prasarana pendukung di sekolah juga

25/10/2022 08:58 - Oleh Admin - Dilihat 1683 kali
MPLS TP2020/2021

Klik di sini ---> MPLS dalam gambar di SWAY

26/07/2020 21:21 - Oleh Admin - Dilihat 335 kali
Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di SDN 006 Batam Kota

Siswa belajar dari rumah masing-masing sudah berjalan sejak Maret 2020 lalu. Sedangkan untuk Tahun pelajaran 2020/2021 telah dimulai sejak seminggu yang lalu setelah MPLS selesai dilaku

26/07/2020 21:21 - Oleh Admin - Dilihat 466 kali