• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Mengenali Suriname, Negara Amerika Selatan yang Sebagian Warganya Keturunan Jawa

Suriname bergabung ke dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 4 Desember 1975. Suriname, negara di wilayah Amerika Selatan itu, merdeka dari Kerajaan Belanda pada 25 November 1975. Penduduk Suriname ada yang keturunan etnis Jawa atau Javanese Surinamese.

foto
foto© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO

Mengutip Inside Indonesia, etnis Jawa di Suriname dari transmigrasi yang dilakukan oleh Belanda saat masa penjajahan. Pada 1890 hingga 1939, diperkirakan terdapat 33.000 orang Jawa yang dipindahkan ke Suriname oleh Kerajaan Belanda.

Pemindahan ini bertujuan untuk memenuhi tenaga kerja perkebunan di Suriname. Namun, sampai Perang Dunia II, hanya sekitar 25 persen migran Jawa yang diprediksi kembali ke Indonesia. Sisanya memilih menetap di Suriname.

Itu sebabnya, tokoh di Suriname bernama khas Jawa. Misalnya, politikus Paul Slamet Somohardjo, Willy Soemita. peraga busana Sri Dewi Martomamat.

 

Profil negara Suriname

1. Keturunan Jawa di Suriname

 

Keturunan Jawa tidak lebih dari 15 persen di Suriname. Mengutip Britannica, orang Asia Selatan atau keturunan India kelompok etnis terbesar di Suriname dengan jumlah lebih dari 25 persen dari total populasi.

Kelompok etnis terbesar kedua dengan jumlah lebih dari 20 persen etnis Maroon atau keturunan Afrika. Pada 2012, etnis ini diperkirakan berjumlah 21,7 persen. Etnis keturunan Jawa yang datang dari Indonesia, jumlahnya hanya sepertujuh atau sekitar 13 persen.

2. Bahasa di Suriname

Masyarakat Suriname umumnya berbahasa Belanda. Mengutip Britannica, karena ada banyak etnis, kemampuan orang berbahasa Belanda di Suriname tidak bisa dianggap merata.

Sebagian besar penduduk diketahui justru mempelajari Bahasa Belanda untuk yang kedua. Kebanyakan penduduk melatih anaknya sesuai bahasa ibu atau bahasa pertama yang diajarkan terdahulu. Suriname memiliki sejumlah bahasa tambahan, seperti Kreol, Sranan, Inggris, Sarnami, Jawa, Maroon.

3. Agama di Suriname

Di Suriname, agama terbesar Kristen yang dibawa para penjajah Eropa. Pada 2012, jumlah orang beragama Kristen di Suriname hampir setengah jumlah penduduk, yakni sekitar 48 persen. Di urutan kedua penduduk Suriname beragama Hindu kebanyakan orang keturunan Asia Selatan.

Di Suriname, agama Islam terbesar ketiga yang kebanyakan dari keturunan Jawa dan kelompok kecil orang Asia Selatan. Kurang dari 8 persen penduduk Suriname memeluk agama lain, seperti Yudaisme dan Konghucu. Adapun 8 persen penduduk lainnya mengidentifikasi diri sebagai ateis.

Baca: Suriname, Negara Mungil di Benua Amerika Rasa Jawa

Sumber: https://www.msn.com/

Komentar

1.keturunan Jawa di Suriname kurang lebih 15% 2.bahasa di Suriname adalah bahasa Belanda. 3.Agama di Suriname Kristen 48% muslim 8% sisanya Hindu,Yudaisme,Konghucu.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Timor Leste Ikut Rapat Perdana ASEAN Setelah Resmi Jadi Anggota

Timor Leste untuk pertama kalinya ikut rapat ASEAN yang berlangsung di Sekretariat ASEAN di Jakarta usai resmi menjadi anggota blok Asia Tenggara ini, Jumat (3/2). ASEAN teng

05/02/2023 19:32 - Oleh Admin - Dilihat 1003 kali
Mengenal Apa Itu Oligarki

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), oligarki merupakan pemerintahan yang dijalankan oleh beberapa orang yang berkuasa dari golongan atau kelompok tertentu. Artinya, oligarki di

01/10/2022 12:34 - Oleh Admin - Dilihat 8597 kali
Alasan Kaisar Jepang Menyelamatkan Guru Setelah Perang Dunia 2

TOKYO - “Berapa jumlah guru yang tersisa?” Kata-kata ini berasal dari mulut Kaisar Hirohito sebagai respon pertama yang Ia keluarkan setelah mendengar berita luluh lantaknya

30/08/2022 06:51 - Oleh Admin - Dilihat 25104 kali
Sepuluh Besar Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia 2022

Menyandang gelar sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia tidak hanya menguntungkan, tetapi juga merugikan. Sisi positifnya berupa melimpahnya tenaga kerja usia produktif sehin

28/07/2022 19:41 - Oleh Admin - Dilihat 29724 kali
Hak Veto Dewan Keamanan PBB

Hak Veto adalah suatu hak yang bisa dipakai untuk membatalkan suatu keputusan, ketetapan, rancangan peraturan dan undang-undang atau resolusi. Hak veto biasanya ditemukan

28/02/2022 08:39 - Oleh Admin - Dilihat 73522 kali
Pengolahan Beras di Bangladesh

Di Bangladesh, negara yang selalu mendapat sinar matahari penuh setiap hari, menanam padi adalah urusan wajib sepanjang tahun. Tetapi menanam padi, yang merupakan tanaman air, di musim

26/02/2022 10:50 - Oleh Admin - Dilihat 991 kali