• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Penampakan UFO Paling Terkenal di Dunia (2)

Apakah kehidupan di luar bumi ada? Ini adalah misteri yang membuat kita semua penasaran. Meskipun ada kemajuan besar dalam teknologi, kita masih belum bisa membuktikan bahwa kita tidak sendirian, dan tidak ada bukti nyata yang menunjukkan sebaliknya. Namun di seluruh dunia, penampakan UFO dilaporkan dengan frekuensi yang mengkhawatirkan. Jadi, haruskah kita mempercayai peristiwa seperti kasus Roswell yang terkenal itu, atau mengabaikan anggapan bahwa kita sedang dikunjungi oleh makhluk dari planet lain?

Berikut adalah daftar kasus penampakan UFO bagian kedua yang paling terkenal belakangan ini. Lihatlah dan putuskan, apakah benar ada sesuatu di luar sana?

1. Gelombang UFO Belgia

©iStock

Meskipun banyak sekali penampakan yang dilaporkan oleh masyarakat pada saat itu, tidak ada foto atau rekaman video yang dirilis secara resmi untuk mengkonfirmasi kejadian tersebut. Sebuah foto yang muncul pada tahun 1990 dan dipublikasikan ke pers kemudian terbukti merupakan gambar yang telah diubah.

2. Lampu Lubbock, Texas


©iStock
Antara Agustus dan September 1951, beberapa formasi cahaya yang tidak biasa terlihat di langit di atas Lubbock, Texas. Para saksi menggambarkan melihat sekitar 20 hingga 30 lampu disusun dalam pola 'V'. Insiden tersebut merupakan salah satu kejadian pertama di Amerika yang dilaporkan sebagai penampakan UFO.

©iStock 
Pada tahun yang sama Angkatan Udara Amerika Serikat menyelidiki insiden tersebut dan menyimpulkan bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh burung cerek, seekor burung kecil yang berenang. Namun penjelasan aneh ini kemudian diceritakan kembali oleh USAF dan tidak ada alasan lain yang diberikan.
 
3. Insiden Teheran, Iran
©iStock 
Pada tanggal 19 September 1976 pasukan militer Iran mendeteksi benda terbang tak dikenal di langit di atas ibu kota, Teheran.
 

©iStock
Saat dua jet angkatan udara Iran mendekati objek misterius tersebut, pilot kehilangan komunikasi radio dengan darat. Saat mereka bersiap untuk menembaki UFO, sistem senjata mereka juga gagal. Hanya setelah meninggalkan sekitar pesawat aneh itu barulah mereka kembali mengendalikan pesawat mereka secara penuh.
 
4. Penampakan oleh Jimmy Carter

©Getty Images
Pada tahun 1973, sebelum menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, gubernur negara bagian Georgia, melaporkan melihat benda terbang tak dikenal.
 

©Getty Images
Kasus ini baru diketahui publik setelah Carter menduduki Gedung Putih. Pada akhir tahun 1970-an, ketika dia tidak lagi menjabat sebagai presiden, pers AS menggunakan penampakan Carter untuk membuka perdebatan tentang penampakan UFO.
 
5. Penampakan di Sao Paulo, Brazil

©iStock
Pada tahun 1986, 20 UFO muncul di radar pasukan militer Brasil. Sebuah jet angkatan udara dikerahkan untuk mencegat mereka tetapi benda-benda tersebut akhirnya menghilang dari layar.
 
©iStock
Beberapa teori konspirasi kemudian muncul mengenai penampakan tersebut, namun konsensus umum adalah bahwa 'benda' tersebut sebenarnya adalah potongan puing dari stasiun ruang angkasa Soviet Salyut-7 yang dinonaktifkan, dan hancur saat jatuh dari orbit dan masuk ke atmosfer bumi.
 
6. Insiden Roswell

©iStock
'Insiden Roswell' terus menarik imajinasi masyarakat dan media di seluruh dunia. Pada tahun 1947, dua pria yang sedang berburu mengaku telah melihat personel Angkatan Darat AS menemukan pesawat luar angkasa asing dari gurun dekat Roswell.
 
7. Kasus Kenneth Arnold, Washington
©iStock
Benda-benda yang dilaporkan oleh Arnold diberi nama 'piring terbang', sebuah deskripsi yang kemudian dipopulerkannya ketika mengingat kejadian tersebut.
 
8. Lampu-lampu Hutan Rendlesham, Inggris
©iStock
Insiden Hutan Rendlesham adalah nama yang diberikan untuk serangkaian penampakan yang terjadi pada tahun 1980 setelah dugaan pendaratan benda terbang tak dikenal di Hutan Rendlesham.
 
9. Kasus Levelland, Texas
©iStock
Investigasi polisi selanjutnya menyimpulkan bahwa mesin mati akibat badai listrik. Namun penjelasan tersebut terus dibantah oleh mereka yang percaya pada UFO dan makhluk asing.
 
 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Lou Ottens Penemu Pita Kaset Audio

Lou Ottens, insinyur berkebangsaan Belanda, penemu pita kaset audio, yang mengubah cara orang mendengarkan musik, meninggal dunia di usia 94 tahun. Sekitar 100 miliar pita kaset

03/07/2024 07:21 - Oleh Admin - Dilihat 41 kali
Penampakan UFO Paling Terkenal di Dunia (1)

Apakah kehidupan di luar bumi ada? Ini adalah misteri yang membuat kita semua penasaran. Meskipun ada kemajuan besar dalam teknologi, kita masih belum bisa membuktikan bahwa kita tidak

02/07/2024 19:29 - Oleh Admin - Dilihat 32 kali
Penyebab Turbulensi

Dalam beberapa minggu terakhir, turbulensi menjadi perhatian utama para pelancong karena adanya insiden serius yang berdampak pada penerbangan Singapore Airlines dan Qatar Airways. Kem

05/06/2024 21:54 - Oleh Admin - Dilihat 49 kali
Father’s Day | Hari Ayah

Hari Ayah pertama kali dirayakan pada tahun 1910 di negara bagian Washington, namun butuh lebih dari enam dekade agar hari tersebut menjadi resmi secara nasional di Amerika Serikat. Ha

03/06/2024 07:42 - Oleh Admin - Dilihat 151 kali
PLTS Terbesar di Indonesia

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero) memanfaatkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terbesar di Indonesia untuk mendukung operasional bisni

31/05/2024 08:23 - Oleh Admin - Dilihat 153 kali
Tungku Jimat

Tungku buatan Supriyanto diberi nama tungku "Jimat". Nama "Jimat" tersebut merupakan kependekan dari enerji hemat. Tungku ini dikatakan hemat karena hanya berbahan bakar limbah. Selai

23/01/2024 11:32 - Oleh Admin - Dilihat 359 kali
Nebula Tarantula

Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) adalah observatorium astronomi inovatif yang merevolusi pemahaman kita tentang alam semesta. JWST Diluncurkan pada tahun 2021, ini adalah proyek

05/10/2023 07:56 - Oleh Admin - Dilihat 302 kali
Memakan dan Dimakan

Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi? dan Bagaimana hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem? Untuk memahami pertanyaan tersebut, mari perhat

26/09/2023 23:06 - Oleh Admin - Dilihat 3373 kali
Habitat Gajah yang Menghilang

Gajah merupakan mamalia besar dan terdapat 2 spesies gajah yaitu gajah afrika (loxodonta Africana) dan gajah asia (elephas maximus). Gajah asia terdapat di Indonesia yaitu masing-masing

13/09/2023 09:29 - Oleh Admin - Dilihat 1552 kali
Bagian Mata yang Terlihat dan Fungsinya

Ada bagian-bagian mata yang terlihat oleh kita, namun ada juga yang tidak. Apa sajakah bagian-bagian mata tersebut? Yuk, kita pelajari bersama!Perhatikan gambar di bawah ini untuk men

21/07/2023 10:27 - Oleh Admin - Dilihat 18445 kali