• SD NEGERI 006 BATAM KOTA
  • Belajar bahasa alam, bahasa manusia, dan bahasa komputer

Jenis Olahraga Tradisional Di Indonesia

Olahraga tradisional merupakan Olahraga yang berasal asli dari berbagai daerah di Wilayah Indonesia. Beberapa dari yang ada memang kurang dikenal. Akan tetapi disebagian daerah olahraga tradisional ini cukup populer dan sering dimainkan.

Saat ini Olahraga Tradisional mulai tergerus oleh permainan permainan Modern berbasi s digital, sehingga menjadikan orang-orang pada zaman sekarang kurang berminat memainkan permainan tradisional. Bahkan tidak mengetahui olahraga tradisional tersebut.

Berikut ini sebagian contoh kecil olahraga tradisional yang ada di Indonesia, diantaranya :  

  1. Lompat Batu (Nias)

Sejarahnya dahulu, suku-suku di Pulau Nias sering berperang karena terprovokasi oleh rasa dendam, perbatasan tanah, atau masalah perbudakan. Masing-masing desa kemudian membentengi wilayahnya dengan batu atau bambu setinggi 2 meter. Oleh karena itu, tradisi lompat batu pun lahir dan dilakukan sebagai sebuah persiapan sebelum berperang.

Biasanya sebelum melakukan tradisi lombat batu dibuka dengan tari-tarian perang ala masyarakat Nias. Kini tradisi lompat batu bukan untuk persiapan perang antarsuku atau antar desa tetapi sebagai ritual dan simbol budaya orang Nias.

Pemuda Nias yang berhasil melakukan tradisi ini akan dianggap dewasa dan matang secara fisik sehingga dapat menikah. Atraksi hombo batu tidak hanya memberikan kebanggaan bagi seorang pemuda Nias tetapi juga untuk keluarga mereka. Keluarga yang anaknya telah berhasil dalam hombo batu maka akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak.  

  1. Pencak Silat

Nama Pencak dikenal di jawa timur dan Silat dikenal di Sumatera dan kalimantan. Olahraga bela diri ini dahulu digunakan untuk untuk menjaga diri dan digunakan di kerajaan-kerajaan majapahit dan sriwijaya. Pada zaman kerajaan-kerajaan di Indonesia, silat dari sriwijaya sangat terkenal, karena mereka berhasil memperluas daerahnya sampai tanah Jawa.

Saat ini pencak silat/bela diri ini dimasukan kedalam olahraga yang dipertandingakan diberbagai event olahraga. Olahraga yang satu ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia dan banyak yang mempelajarinya. Pada dasarnya, Pencak Silat berakar pada budaya melayu yang juga merupakan salah satu kebudayaan negara kita. Namun untuk versinya sendiri bermacam-macam, ini tergantung pada daerah masing-masing. Indonesia mempunyai organisasi induk untuk olahraga yang satu ini, yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).  

  1. Enggrang

Enggrang merupakan permainan olahraga tradisional yang berasal dari daerah Jawa, enggrang Jajangkungan (Bahasa Sunda) ini biasanya sering dimainkan oleh anak-anak.

Untuk melakukan permainan Enggrang ini hanya dibutuhkan sebatang bambu yang berukuran kecil dan pembuatan nya pun relatif mudah cukup dengan menempelkan kayu pada sebatang bambu dengan ketinggian 0,5 m dari tanah. Penempelan kayu tersebut berguna sebagai pijakan kaki.  

  1. Karapan Sapi

Karapan Sapi merupakan perlombaan Pacuan Sapi yang berasal dari daerah Madura. DI Sumatra Barat juga ada, namanya Pacu Jawi. Dalam perlombaan Karapan Sapi ini dibutuhkan dua ekor sapi yang digunakan untuk menarik kereta kayu pada lintasan yang biasanya berjarak 100 m.

Pada awalnya karapan sapi ini merupakan perlombaan para petani yang beradu ketangkasan dalam mengendalikan sapi ketika membajak sawah dan kemudian mulailah berkembang menjadi perlombaan khusus karapan sapi.  

  1. Tarik Tambang

Permainan yang satu ini tidak asing lagi bagi kita karena permainan ini merupakan permainan yang cukup memasyarakat, permainan nya pun cukup mudah karena kita cukup menyediakan tali (Tambang) yang digunakan sebagai penyeimbang mengadu kekuatan (melalui tarikan) dengan tim lawan.  

  1. Bakiak

Bakiak ini dibutuhkan kayu sekitar 1,5 m. Perlombaan bakiak ini membutuhkan Kekompakan (tim). Karena apabila salah seorang tidak kompak dalam melangkah maka semua orang rang dalam tim tersebut akan terjatuh (kesulitan dalam melangkah). 

   7. Gobak Sodor

Gobak sodor merupakan olahraga tradisional yang mulai menghilang ditelan zaman. Permainan ini dilakukan oleh 5-7 orang peserta dan membutuhkan lapangan yang luas dengan ukuran lapangan dapat disesuaikan dengan karakteristik seseorang.

Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik yang sudah ditentukan, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan tersebut.

Biasanya arena yang digunakan yaitu lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur sebagai tempat jaga. Permainan ini sangat menyenangkan. Selain itu juga melatih ketangkasan, strategi, kecepatan, kecerdikan dan kekompakan.  

  1. Phantol

Permainan Phantol ini merupakan olahraga yang berasal dari Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Timur, Phantol ini pada awalnya dilakukan pada masa kerajaan Majapahit yang bertujuan untuk menentukan kesatria Terbaik dan layak untuk menjaga pelabuhan dari para pendatang (Perompak dan Penyamun) pada kala itu.   

    9. Pacu Jalur

Pacu Jalur sebagai sebuah acara budaya masyarakat tradisional Kabupaten Kuantan Singingi, Riau bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada masa penjajahan Belanda, pacu jalur diadakan untuk memeriahkan perayaan adat, kenduri rakyat, dan untuk memperingati hari kelahiran ratu Belanda wihelmina. 

Pacu jalur biasanya dilakukan di Sungai Batang Kuantan dengan panjang lintasan sekitar 1 km yang ditandai dengan enam tiang pancang. Jalur yang merupakan perahu besar dan panjang tersebut terbuat dari kayu bulat tanpa sambungan dengan kapasitas 45-60 orang pendayung (anak pacu). Dengan kapasitas pendayung sebanyak itu, maka pacu (lomba) hanya bisa dilakukan antar warga kampung antar kabupaten. Peserta pacu mencapai ratusan jalur dan sangat meriah, sehingga menjadi ivent nasional. 

Sekian, Semoga menjadi menmbah wawasan Sobat semua. Salam

Komentar

Saya senang membaca tentang materi olahraga

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Cerita Indah Aldila Sutijadi Mengukir Tinta Emas

Kiprah satu-satunya petenis Indonesia di US Open 2024, Aldila Sutjiadi terus menuai decak kagum. Terkini, perempuan kelahiran Jakarta itu menembus semifinal kategori ganda campuran be

03/09/2024 18:53 - Oleh Admin - Dilihat 206 kali
Titel Manusia Tercepat di Dunia

Manusia tercepat di dunia akhirnya muncul dari nomor lari 100 meter cabang atletik Olimpiade 2024. Final lari 100 meter Olimpiade 2024 berlangsung pada Minggu (4/8/2024) malam waktu se

05/08/2024 19:34 - Oleh Admin - Dilihat 164 kali
Apriyani/Fadia Angkat Koper dari Olimpiade Paris 2024

Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dipastikan tersingkir dari ajang Olimpiade Paris 2024 seusai menelan kekalahan kedua di Grup A dari ganda putri China Chen Qing Ch

29/07/2024 10:46 - Oleh Admin - Dilihat 425 kali
Berapa Total Indonesia Mendapatkan Emas di Olimpiade?

Indonesia kembali berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024 yang akan digelar 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. Kontingen Indonesia akan berjuang selangkah demi selangkah untuk mengais

28/07/2024 15:25 - Oleh Admin - Dilihat 136 kali
Type lapangan Tenis: Lapangan Rumput

Lapangan rumput adalah salah satu jenis lapangan tempat olahraga tenis, yang awalnya dikenal dengan nama "tenis rumput", dimainkan. Lapangan rumput terbuat dari rumput dengan komposis

05/07/2024 19:31 - Oleh Admin - Dilihat 332 kali
Manfaat Bermain Tali Bagi Anak SD

Bermain tali adalah salah satu permainan tradisional yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak, khususnya anak SD. Berikut adalah beberapa manfaat bermain tali bagi anak SD: B

26/09/2023 08:42 - Oleh Admin - Dilihat 1093 kali
Kisah All England Pertama

Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto mendapat juara setelah mengalahkan Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan dengan skor 21-17 dan 21-14. Kemenangan Fajar - Rian menjadikan pasangan s

23/03/2023 19:08 - Oleh Admin - Dilihat 1605 kali
SDN 006 BATAM KOTA BORONG GELAR JUARA

Batam Kota. SDN 006 Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau berhasil memborong 5 gelar juara pada perhelatan OSN, O2SN, FLS2N, Agama, dan Pramuka se-Batam Kota yang dilaksanakan Sejak ta

06/03/2023 11:03 - Oleh Admin - Dilihat 1062 kali
Contoh Proposal Kegiatan Event 17 Agustus-an

Proposal Kegiatan 17 Agustus  I. Pendahuluan Tanggal 17 Agustus adalah Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga negara dengan penuh suka cita, term

11/08/2022 22:49 - Oleh Admin - Dilihat 2399 kali
Heroik! Negara Mana Juara Umum Olimpiade 2020?

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Juara umum pada Olimpiade Tokyo 2020 harus diakhir hingga hari pengujung. Kontingen asal Amerika Serikat (AS) secara heroik memastikan diri sebagai juara

09/08/2021 13:00 - Oleh Admin - Dilihat 3216 kali