Restitusi, Konsekuensi, dan Hukuman
Pada restitusi kita menanamkan rasa percaya memberikan ruang refleksi dan diskusi untuk mereka bisa memilih solusi terbaik dalam memperbaiki masalah mereka
Dengan memberikan kebebasan kepada mereka untuk memperbaiki masalahnya, maka kita sudah memberikan hak kemerdekaan kepada mereka untuk belajar atas kesalahannya
Dengan ini kita juga sudah memenuhi satu kebutuhan dasar murid yaitu kebebasan.
Terkadang kita masih suka bingung dan terjebak tentang konsekuensi dan restitusi kita suka menyebut setiap solusi yang keluar dari ide murid itu sendiri. Hal itu merupakan restitusi.
Berikut perbedaan Restitusi, Konsekuensi, dan Hukuman.
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengenalan 5 Posisi Kontrol
Konsep Lima Posisi Kontrol Guru Salam dan bahagia ibu dan bapak guru, Selamat datang di modul 5 posisi kontrol. Kali ini tentang posisi kontrol guru pada materi pertama di mod
Apakah Motivasi Perilaku karena Menginginkan Hadiah dan Pujian itu Baik?
Bapak dan Ibu Guru, masih ingatkah ketika menjadi murid dulu? Kita senang dan bahagia saat Guru memberikan pujian atau hadiah. Kita dijanjikan, jika menjawab pertanyaan dengan benar,
Menghindari Rasa Sakit | Motivasi Level 1
Saat menjadi murid sebagian dari kita pernah merasakan hukuman. Hukuman berdiri keliling lapangan, berdiri di depan kelas, dicap sebagai pemalas, bodoh karena tidak dapat menjawab soa
Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa | Bolehkah Memaksa Murid?
Sering kali kita mendengar di masyarakat, bahwa untuk menjadi kebiasaan harus dengan dipaksa terlebih dulu. Apakah benar demikian? Artikel ini mengajak kita bersama untuk berefleksi a
40 Pertanyaan Refleksi
Melihat ke Belakang: Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang subjek ini sebelum kita mulai? Proses apa yang Anda lalui untuk menghasilkan karya ini? Apakah Anda pernah melakukan
Mengapa kurikulum perlu berubah?
Sejak merdeka, Indonesia telah menelurkan banyak kurikulum. Penulis sendiri masa SD pernah merasakan 2 kurikulum, yaitu kurikulum tahun 1975 dan kurikulum 1984. Namun, Mulai dari kuriku
Bagaimana Membuat Video Otentik Untuk Pembelajaran?
Oleh: Agus Hendri, S.Pd Sebuah video instruksi yang baik adalah sebuah alat yang powerfull untuk meningkatkan belajar siswa di rumah. Video yang baik memungkinkan siswa bisa
Pemaparan Artikel nya sederhana namun sangat lengkap.terimakasih sudah sangat membantu bagi saya yang sedang membutuhkan referensi.